Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas Dikenal Sosok Bijak dan Sederhana

Kompas.com - 03/01/2020, 11:04 WIB
Jenazah Yunahar Ilyas disemayamkan di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta. KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMAJenazah Yunahar Ilyas disemayamkan di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas merupakan sosok ulama yang kental dan kenal dengan masyarakat bawah.

Selain sebagai ulama, Yunahar Ilyas juga seorang akademisi yang telah melahirkan sejumlah buku.

"Kita merasa kehilangan sosok ulama dan juga mubaligh yang sangat kenal dan kental dengan masyarakat bawah," ujar Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir saat ditemui di kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Jumat (03/01/2020).

Haedar Nashir menyampaikan, Yunahar Ilyas menjabat sebagai ketua PP Muhamamdiyah yang membidangi tarjih dan tajdid. Selain itu, Yunahar Ilyas juga menjadi wakil ketua umum Majelis Ulama Indonesia pusat.

Baca juga: Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas Meninggal

Yunahar Ilyas, lanjutnya, merupakan sosok yang penuh keseksamaan dalam bersikap dan bertindak sehingga menjadi pimpinan yang bijaksana.

Selain sebagai ulama, Yunahar Ilyas juga seorang akademisi dengan menulis sejumlah buku.

Tulisan-tulisan Yunahar Ilyas, kata Haedar, juga banyak menjadi rujukan, bukan hanya di kalangan mahasiswa, tetapi juga para kader Mihammadiyah.

Yunahar Ilyas rutin mengajar tafsir di gedung Muhammadiyah di Yogyakarta dan di Jakarta.

"Keteladananya dapat menjadi rujukan bagi generasi muda sebagai sosok yang kata sejalan dengan tindakan," tegasnya.

Sementara itu, Ketua PP Muhammadiyah Bidang Hukum dan HAM Busyro Muqoddas mengatakan, Yunahar Ilyas memiliki karakter yang terbina sejak mudanya dan sebagai salah satu ulama yang bisa menjaga martabat atau marwahnya.

"Itu terefleksi dalam sikap individualnya maupun sikap-sikap yang terkait dengan keulamaannya yang sifatnya istikomah dan konsisten sekali menjaga marwah itu," tandasnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X