Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Tahun Baru, Car Free Night Diberlakukan di Kota Tua Semarang, Bus Listrik Disiagakan

Kompas.com - 31/12/2019, 18:43 WIB
Riska Farasonalia,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Sejumlah lokasi wisata di Kota Semarang, Jawa Tengah telah disiapkan untuk menyongsong malam pergantian tahun pada Selasa (31/12/2019).

Diprediksi jumlah pengunjung yang akan datang di beberapa titik wisata di Semarang akan mengalami lonjakan.

Salah satu lokasi yang saat ini menjadi daya tarik wisatawan dan menjadi populer karena viral di sosial media adalah Kawasan Kota Lama Semarang.

Bahkan, menurut Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya pada Senin (30/12/2019), Kawasan Kota Lama dapat menjadi ikon Semarang dan ikon Jawa Tengah yang baru dan dapat mendongkrak wisatawan.

Pantauan Kompas.com, Selasa sore arus lalu lintas di Kawasan Kota Lama terlihat ramai lancar.

Sejumlah pengunjung tampak sudah memadati area Taman Sri Gunting dan Gereja Blenduk di Kawasan Kota Lama.

Baca juga: Jokowi Minta Ada Aktivitas Ekonomi Kreatif di Kota Lama Semarang

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, tak ingin kecolongan dalam meningkatkan aktivitas ekonomi dengan memaksimalkan momentum malam tahun baru.

Maka dari itu, pria yang akrab disapa Hendi itu mengupayakan agar perayaan malam tahun baru kali ini bisa lebih menarik dari tahun-tahun sebelumnya.

Salah satunya yakni akan memberlakukan car free night (CFN) di Kota Lama Selasa malam ini. CFN biasanya dilakukan setiap Jumat dan Sabtu malam. 

Persiapan pun dilakukan Pemerintah Kota Semarang dengan menyiapkan lima mobil listrik untuk mengantarkan pengunjung dari kantong parkir ke kawasan wisata.

Dengan begitu pengunjung tidak akan kesulitan mengakses kawasan wisata Kota Lama Semarang dari kantor parkir yang disediakan.

Pemerintah Kota Semarang menyiapkan enam kantong parkir di sekitar Kota Lama.

Kantong parkir itu ada di Ex Pool Damri, PTPN (samping Cafe Sepur), Dream Museum Zone (DMZ), Depan SATPAS Polrestabes, Jalan Sendowo (Parkir Umum Kawasan Kota Lama), dan Jalan Cendrawasih.

Baca juga: Di Tengah Rintik Hujan, Dua Menteri Berkeliling Kota Lama Semarang

Tak hanya Kota Lama, Pemerintah Kota Semarang pun menyiapkan hiburan berbeda di dekat kawasan Kota Lama yaitu di Jalan Pemuda, tepatnya di depan kantor BCA.

Di lokasi tersebut digelar pertunjukan yang mendatangkan artis-artis kenamaan seperti Naif, Denny Caknan, Ndarboy Genk, hingga Pendhoza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com