Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPBD Sebut Tidak Ada Laporan Dampak Gempa Sukabumi Magnitudo 5

Kompas.com - 27/12/2019, 06:36 WIB
Budiyanto ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat hingga Kamis (26/12/2019) pukul 16:00 WIB untuk sementara tidak menerima laporan kerusakan dampak gempa berkekuatan magnitudo 5.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa berlangsung Kamis (26/12/2019) pukul 14:22 WIB berpusat di 8.05 Lintang Selatan 106.82 Bujur Timur atau 121 km Tenggara Sukabumi dengan kedalamam 10 kilometer. Tidak berpotensi tsunami.

"Alhamdulillah aman terkendali, sampai saat ini tidak ada laporan terdampak gempa," jawab Koordinator Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna saat dikonfirmasi Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Kamis sore.

Namun, dia melanjutkan pihaknya masih terus berkoordinasi dengan para Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) yang tersebar di 47 kecamatan.

"Kami masih terus memantau perkembangannya," sambung Daeng.

Berdasarkan informasi, gempa berkekuatan magnitudo 5 tersebut dirasakan sejumlah warga di beberapa kecamatan di Kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi. Namun getarannya hanya berlangsung sebentar.

Baca juga: Diguncang Gempa, Atap Ruang Kelas SD Negeri di Sukabumi Ambruk

Getaran tidak kuat

Salah seorang warga Rio Agung (19) mengakui merasakan getaran gempa namun kecil sekali. Karena saat itu dia bersama beberapa temannya sedang berada di dalam kamar hanya seorang yang merasakan.

"Ia Pak ada yang merasakan seorang tapi gempanya kecil," kata Rio kepada Kompas.com di tempat kosan Gang Ajid, Kota Sukabumi, Kamis siang.

Salah seorang warga di Desa Cijurey, Kecamatan Gegerbitutng, Ujang Ruhiyat alias Opik.(35) juga mengakui merasakan getaran gempa namun kecil dan sebentar.

"Ia Pak merasakan getarannya kecil," jawab Opik dalam pesan WhatsApp.

Baca juga: Gempa 5 Magnitudo Guncang Sukabumi, Terasa hingga Cimahi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com