Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Karawang Dinilai Bakal Strategis

Kompas.com - 26/12/2019, 15:54 WIB
Farida Farhan,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang Acep Jamhuri mengatakan bahwa bandara yang bakal dibangun di Karawang letaknya strategis.

Acep menilai bandara yang disebut sebagai Bandara Soekarno-Hatta II yang bakal dibangun di Karawang strategis lantaran letaknya dekat dengan Jakarta dan kota-kota besar lainnya.

"Di Karawang sangat strategis," kata Acep ditemui usai rapat di Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Karawang, Kamis (26/12/2019).

Acep memastikan bandara tersebut akan dibangun di Karawang. Hanya saja, saat ini tengah dilakukan penguatan untuk Bandara Kertajati yang sudah memasuki tahap pembangunan infrastruktur akses jalan bebas hambatan atau tol.

Bandara di Karawang sendiri direncanakan dibangun pada 2027. Sementara tahap pematangan perencanaannya baru  dilakukan pada 2026.

"Itu nanti dimasukkan dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) 2025 - 2026 untuk persiapan bandara," katanya.

Baca juga: Akses Tol Bandara Kertajati Mulai Dibangun Maret 2020

Anggota DPR RI Fraksi PKS Ahmad Syaikhu mendukung dibangunnya Bandara Soekarno-Hatta II di Karawang. Apalagi hadirnya bandara tersebut dinilai Syaikhu bisa mengurangi kemacetan di Jakarta.

"Ini bisa mengurangi traffic kemacetan di Jakarta," katanya.

Syaikhu menilai, bandara di Karawang dapat menopang kebutuhan Jawa Barat bagian barat. Sementara Bandara Kertajati untuk Jawa Barat bagian Timur.

Apalagi, perencanaan pembangunan bandara tersebut dilakukan sejak jauh -jauh hari. Bahkan sebelum Bandara Kertajati. Hanya saja, karena suatu proses yang dibangun Bandara Kertajati terlebih dulu.

Sebelumnya, Bandara Sokarno-Hatta II dipastikan bakal dibangun di wilayah Kecamatan Ciampel dan sedikit Pangkalan, Karawang. Perencanaan pembangunan diperkirakan dilakukan pada 2027.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Karawang Eka Sanatha mengatakan, bandara bakal dibangun di Karawang dengan luas 3.000 hektar.

Eka menyebutkan, penbangunan bandara di Kareang tercantum dalam PP Nomor 13 tahun 2017 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional (RTRWN). Bandara yang dalam permenhub bernama Soekarno-Hatta II itu dibangun untuk mendukung bandara Soekarno-Hatta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com