Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Bedakan Bus Bandara Kertajati ke Bandung dan Destinasi Lain

Kompas.com - 05/07/2019, 18:40 WIB
Reni Susanti,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – Perum Damri resmi melayani empat rute ke Bandara Internasional Kertajati, Jawa Barat, sejak 1 Juli 2019. Keempat rute tersebut yakni Bandung-Kertajati (PP), Cirebon-Kertajati (PP), Cikarang-Kertajati (PP), dan Kuningan-Kertajati (PP).

Untuk Bandung, bus berangkat dari pool Damri Bandung di Jalan Kebon Kawung. Untuk Cirebon, Cikarang, dan Kuningan, bus berangkat dari terminal daerah masing-masing.

“Di Kertajati, disediakan tempat untuk penumpang yang akan kembali ke empat daerah tersebut,” ujar Koordinator Damri BIJB, Ryan P saat dihubungi Kompas.com, Jumat (5/7/2019).

Baca juga: Persib Terkena Dampak Pemindahan Rute Penerbangan dari Bandara Husein ke Kertajati

Untuk memudahkan, ada beberapa cara untuk mengenali Damri berdasarkan tujuannya. Pertama, melalui warna. Bus tujuan Bandung, berwarna putih. Sementara, Bus tujuan lain berwarna biru.

Namun, jangan terkecoh, sebab ada bus bantuan dari dan tujuan Bandung berwarna biru.

Bus bantuan tersebut akan diturunkan jika penumpang dari dan menuju Bandung membludak. Seperti beberapa hari ini, bus bantuan yang diturunkan mencapai belasan.

“Kebijakan dari GM (general manager) kami, selama masa transisi semua bus bantuan digratiskan juga,” kata Ryan.

Baca juga: Mulai Beroperasi, Fasilitas Bandara Kertajati Siap Layani Penumpang

Agar tidak terkecoh, cara paling mudah untuk membedakan tujuan bus tersebut, dari stiker yang terpasang di kaca depan dan belakang bus. Stiker dari Kementerian Perhubungan itu bertuliskan tujuan bus.

Rute

Ryan mengatakan, ada 4 rute yang dilayani Damri. Untuk Bandung-Kertajati, bus berangkat dari Jalan Kebon Kawung- Tol Cipularang-Tol Cipali-Kertajati.

Kemudian rute Cirebon-Kertajati, bus berangkat dari Terminal Harjamukti-Tol Cipali-Kertajati. Begitupun dengan bus dari Cikarang akan melewati Tol Cipali-Kertajati.

Untuk tarif, selama masa transisi, Bandung-Kertajati (PP) digratiskan dari harga normal Rp 70.000. Sedangkan tiga rute lainnya menggunakan harga normal yakni Cirebon-Kertajati Rp 40.000, Cikarang-Kertajati Rp 60.000, dan Kuningan-Kertajati 50.000.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com