Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Tronton Mundur Tabrak Ruko di Cianjur hingga Tewaskan 3 Orang

Kompas.com - 18/12/2019, 19:15 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Tiga orang tewas dalam kecelakaan yang melibatkan truk tronton bermuatan pasir di ruas jalan raya Cianjur-Sukabumi, Desa Cikahuripan, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (17/12/2029) malam.

Korban tewas atas nama Abunawas (52), M Sueb (7), dan M Haedar (4), merupakan bapak dan anak penghuni bangunan ruko di kawasan Pasar Gekbrong.

Sedangkan, dua orang penghuni lainnya, yakni Dede Marni (25) mengalami luka ringan, dan seorang balita bernama Amelia (1) selamat.

Baca juga: Korban Tronton di Cianjur Tewas Tertimbun Reruntuhan Bangunan dan Pasir

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Ricky Adipratama mengatakan, kecelakaan bermula ketika truk tronton yang tengah melaju dari arah Cianjur menuju Sukabumi itu diduga tidak kuat menanjak.

“Karena tidak kuat menahan beban sehingga mundur dan menabrak ruko yang ditinggali satu keluarga, suami-istri dan tiga orang anak,” kata Ricky, di lokasi kejadian, Rabu (18/12/2019).

Akibat tabrakan tersebut, tiga orang penghuni ruko meninggal dunia karena tertimpa reruntuhan bangunan dan tertimbun material pasir dari muatan tronton.

“Evakuasi para korban baru selesai dilakukan subuh tadi. Terakhir yang diangkat korban anak kecil,” kata dia.

Ricky menyebutkan, sopir tronton dengan nomor polisi B 9995 BYV itu ditenggarai tidak memperhatikan beban muatan sehingga tidak mampu mengendalikan kendaraan saat melaju di jalan menanjak.

“Namun, penyebab pastinya masih kami dalami. Sopir kami mintai keterangan guna kepentingan penyelidikan,” ucap dia.

Baca juga: Cerita di Balik Bayi Selamat dari Kecelakaan Truk Maut Cianjur, Terlindung Batang Kayu

N Dara (24), salah seorang warga setempat menambahkan, sebelum mundur dan menabrak bangunan ruko tersebut, truk tiba-tiba berhenti di tengah jalan.

“Mesin truk itu sepertinya mati, dan rem sepertinya tidak mampu menahan beban tonase sehingga mundur, karena posisi jalan juga kan menanjak,” kata dia.

Sementara itu, tim Analisys Accident Polda Jabar langsung terjun ke lokasi kejadian, Rabu (18/12/2019) untuk melakukan scanning dan olah TKP dalam rangkaian memperoleh petunjuk kronologi kecelakaan truk tronton yang mengakibatkan tiga orang tewas tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com