Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motif Pembunuhan Berencana di Banyumas, Pelaku Ingin Ambil Mobil Rental yang Telah Digadaikan

Kompas.com - 28/11/2019, 12:57 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com- Polisi menangkap Hartoyo (36), pelaku pembunuhan Fuji Marseno (27), warga Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang, Banyumas, yang jenazahnya ditemukan di sungai.

 

Wakapolresta Banyumas Kompol Davis Busin Siswara mengatakan, pembunuhan tersebut bermula saat pelaku menggadaikan mobil rental ke Fuji.

Mobil tersebut merupakan kendaraan yang dirental Hartoyo dari seseorang.

"Pelaku panik karena ditagih oleh pemilik mobil rental. Pelaku menyewa mobil Avanza kemudian digadaikan kepada korban sebesar Rp 25 juta," kata Davis, saat ungkap kasus di Mapolresta Banyumas, Kamis (28/11/2019).

Baca juga: Mayat Laki-laki yang Ditemukan di Sungai Korban Pembunuhan Berencana, Pelaku Ditangkap

Pelaku diminta segera mengembalikan mobil oleh pemilik rental sejak Kamis (21/11/2019), karena telah disewa selama 20 hari.

Pelaku berkali-kali ditelepon agar mengembalikan mobil paling lambat Jumat (22/11/2019) malam.

"Jumat pagi pelaku mendatangi rumah korban untuk meminjam mobil rental yang digadaikan dengan alasan untuk membawa rombongan. Namun, oleh istri korban tidak boleh, karena pelaku baru membayar bunga Rp 2,5 juta, tapi baru dibayar Rp 2 juta," ujar Davis.

Pelaku kemudian kembali lagi ke rumah korban pada Jumat sore. Istri korban akhirnya membolehkan pelaku meminjam mobil, asalkan didampingi suaminya.

Selanjutnya korban bersama pelaku pergi menggunakan mobil menuju daerah Kecamatan Jatilawang dengan posisi korban di belakang kemudi dan pelaku di sebelahnya.

Di tengah perjalan, pelaku pindah ke jok tengah dengan alasan ingin tidur.

"Setelah sampai di Jatilawang, pelaku meminta korban untuk berhenti dengan alasan ada keluarga yang mau ikut. Kemudian pelaku menjerat korban dengan kabel aux yang telah disiapkan hingga meninggal," kata Davis.

Setelah melancarkan pembunuhan, pelaku mengambil uang milik korban. Pelaku lantas mengembalikan mobil rental tersebut Jumat malam.

Diberitakan sebelumnya, polisi mengungkap kasus pembunuhan berencana.

Baca juga: Jenazah dengan Jeratan Tali di Leher Ditemukan di Depan Kantor Gubernur Sumsel

 

Pengungkapan kasus tersebut berawal dari penemuan mayat korban di Sungai Mbawang Grumbul Karangpundung Desa/ Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (23/21/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com