Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penginapan Balkondes Ludes Jelang Borobudur Marathon 2019

Kompas.com - 15/11/2019, 16:58 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com — Event sport tourism, Borobudur Marathon 2019 didukung oleh Bank Jateng yang dijadwalkan akan bergulir pada Minggu (17/11/2019) telah memberi dampak signifikan bagi perekonomian warga di sekitar Candi Borobudur, Kabupaten Magelang.

Hal itu terlihat pada layanan kamar yang disediakan oleh Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di sejumlah desa yang ada di Borobudur, Kabupaten Magelang, saat ini telah ludes dipesan oleh para pelari dan wisatawan.

"Bisa dibilang sudah full booked, masuk (tamu) Jumat hingga Minggu," papar Muhammad Hatta Manager Pendampingan Program PT Manajemen CBT Nusantara selaku pendamping Balkondes, dalam keterangan pers tertulis yang diterima, Kamis (14/11/2019).

Disebutkan Hatta, sebanyak 222 kamar dari 18 balkondes yang tersebar di Kecamatan Borobudur telah penuh dipesan oleh para pelari dan wisatawan.

Baca juga: Ini Jalan yang Ditutup Selama Borobudur Marathon 2019

 

Pihaknya berharap momentum sport tourism melalui kegiatan yang didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ini menjadi sebuah jembatan untuk mengenalkan dan menawarkan paket wisata dan layanan yang ada di Balkondes.

"Harapan kami tentu agar pelari ini bisa memperpanjang waktu menginapnya, durasi tinggalnya lebih lama," katanya.

Hatta mengatakan, sebagian besar tamu menginap ialah tamu luar kota yang di dominasi dari daerah kota besar seperti dari Jakarta hingga Kalimantan. Bahkan ada pula tamu luar negeri seperti dari Australia.

Ia memastikan event sport tourism layaknya Bormar ini mampu mendongkrak perekonomian warga sekitarnya, baik secara langsung maupun tak langsung.

Baca juga: Borobudur Marathon Kembali Digelar, Ini Keinginan Ganjar Pranowo

Spot sunrise

 

Sejatinya, lanjut Hatta, tak hanya sektor penginapan yang terangkat melalui event semacam ini.

Paket wisata, kuliner, hingga hiburan pop kekinian pun akan mendapatkan keuntungan.

"Kebutuhan transportasi, spot untuk wisata, kuliner sampai obyek-obyek lainnya yang ada di Borobudur juga akan terdampak," katanya.

Berkaca pada gelaran tahun lalu, Hatta berujar, pelari maupun wisatawan nantinya tak hanya menghabiskan waktu untuk berolahraga saja, tetapi juga berwisata di beberapa spot terkenal di kawasan Borobudur.

Salah satu yang dicari, kata Hatta, adalah spot sunrise.

"Gereja Ayam, Punthuk Setumbu, Bukit Barede, dan sunrise spot lainnya biasanya akan menjadi destinasi favorit selain ada destinasi pop seperti rumah kamera dan lainnya," katanya.

Baca juga: Ingin Dapat Slot Borobudur Marathon 2019, Jangan Lakukan Hal Ini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com