Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdagangan Timah di Bangka Diestimasi Semakin Cerah

Kompas.com - 07/11/2019, 22:09 WIB
Aprillia Ika

Penulis

BANGKA, KOMPAS.com - Perdagangan timah di Indonesia, khususnya di Bangka-Belitung, diperkirakan akan semakin cerah ke depan.

Hal itu karena saat ini ada dua bursa yang membuka perdagangan pasar fisik timah murni batangan.

Salah satu bursa yang memperdagangkan timah yakni PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ), mulai Agustus 2019. BBJ menggandeng PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) sebagai lembaga penjamin.

Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Tjahya Widayanti mengatakan, dibukanya keran bagi BBJ dan KBI merupakan langkah pemerintah dalam membuka opsi seluas-luasnya kepada para pelaku usaha timah untuk memilih bertransaksi di bursa yang dikehendakinya.

Baca juga: Datangi Tambang Ilegal, Mobil Wagub Babel Dirusak Sekelompok Orang

“Sehingga nantinya ada kompetisi atau persaingan yang lebih sehat dalam penyelenggaraan perdagangan timah murni batangan di pasar fisik timah di kedua bursa tersebut,” katanya di Bangka, beberapa waktu lalu.

Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama KBI mengatakan, tiap batangan timah yang diperdagangkan di BBJ mencantumkan merek (brand), sehingga mejelaskan asal usul produsennya.

“Transaksi fisik timah yang diperdagangkan di BBJ terdapat adanya cetakan merek pada timah murni batangan sesuai dengan produsen masing-masing. Dengan hal tersebut, pembeli mendapatkan jaminan dan kejelasan terhadap produk yang dibelinya,” ujarnya.

Baca juga: Kunker ke Tiongkok, Gubernur Babel Paparkan Sejarah 250 Tahun Tambang Timah Pemasok Dunia

Optimistis

Direktur Utama BBJ Stephanus Paulus Lumintang menambahkan, pihaknya optimistis dengan potensi timah yang ada di Indonesia, khususnya di Bangka, perdagangan pasar fisik timah murni batangan akan terus berkembang.

"Kami menargetkan sampai akhir 2020, total transaksi perdagangan pasar fisik timah akan mencapai 72.000 ton per tahun," jelasnya.

Sementara itu, sampai 25 Oktober 2019, tercatat terjadi total transaksi pasar fisik timah sebanyak 3.224 lot dengan total nilai transaksi sebesar 261 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com