Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minta Guru Dikembalikan, Warga Ancam Segel SDN 2 Sidrap

Kompas.com - 23/09/2019, 12:35 WIB
Suddin Syamsuddin,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

SIDRAP, KOMPAS.com - Ratusan warga yang merupakan orang tua siswa dan mantan siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Lainungan, Desa Mattirotasi, Kecamatan Wattang Pulu, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, melakukan aksi unjuk rasa di sekolah, Senin (23/9/2019).

Mereka tidak terima dengan mutasi yang dilakukan Dinas Pendidikan Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, kepada seorang guru bernama H Salamong.

Guru kelas 1 yang dimutasi tersebut dinilai korban tuduhan yang tidak benar.

"H Salamong sudah 31 tahun mengabdi di sekolah. Bu guru kami difitnah melakukan pungli pengadaan baju batik untuk dipakai gerak jalan 17 Agustus. Ada 10 orang pihak sekolah yang bertanda tangan dan memfitnah guru teladan kami," ujar Rahming, salah satu orang tua siswa yang sedang berunjuk rasa.

Baca juga: Kisah Bahagia Warga Pelosok Riau Kini Punya Sekolah Satu Atap

Aksi sempat mamanas, saat massa hendak melakukan sweeping terhadap 10 orang dari pihak sekolah yang dituduh memberikan tanda tangan, sehingga guru tersebut dimutasi.

Beruntung aparat kepolisian segera menenangkan massa yang mulai tersulut emosi.

Idris, orang tua murid lainya menduga, mutasi yang dilakukan oleh Kepala Sekolah SDN 2  Nuraini, sengaja untuk mengelola dana bantuan operasional sekolah (BOS) sendiri.

"Padahal yang jadi bendahara dana BOS itu Bu Salamong, dia orang jujur. Hj Salamong  tidak mau kasih fee kepada kepala sekolah Nuraini, karena dana BOS uang negara," kata Idris.

Warga Lainungan mengancam akan melakukan penyegelan sekolah jika tuntutan untuk mengembalikan Salamong kembali menjadi guru di SDN 2 Lainungan tidak dipenuhi.

"Kami juga akan melarang anak-anak kami ke sekolah, mereka akan mogok belajar, Dia sudah lama mau diangkat jadi Kepsek, tapi karena Beliau adalah guru teladan dan tidak gila jabatan, Beliau tidak mau," kata Masna, warga Lainungan.

Hingga saat ini, massa masih menduduki SDN 2 Lainungan sambil menunggu kepastian dipenuhinya tuntutan mereka.

Massa juga menginginkan kepala sekolah mundur dari jabatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com