Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Baru Bayi 14 Bulan Diberi 5 Gelas Kopi Setiap Hari, Sudah Minum Susu hingga Masih Menangis

Kompas.com - 20/09/2019, 06:29 WIB
Candra Setia Budi

Editor

KOMPAS.com - Hadijah Haura, bayi perempuan berusia 14 bulan asal Desa Tonro Lima, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, yang memiliki kebiasaan menyeruput kopi lima gelas setiap hari, akhirnya diberikan susu oleh orangtuanya.

Khadijah terpaksa diberikan orangtuanya kopi karena tak mampu untuk membelikan susu.

Setelah sempat viral, akhirnya anak pasangan dari Sarifuddin dan Anita mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, bahkan Khadijah sudah mengomsumsi susu dan biskuit.

Berikut ini fakta baru selengkapnya:

1. Tak akan beri kopi kepada anak

Kasus bayi 14 bulan habiskan 5 gelas kopi tubruk sehari di Polewali Mandar jadi viral. Orangtua bayi beralasan miskin tidak mampu membeli susu. KOMPAS.com/JUNAEDI Kasus bayi 14 bulan habiskan 5 gelas kopi tubruk sehari di Polewali Mandar jadi viral. Orangtua bayi beralasan miskin tidak mampu membeli susu.

Anita mengatakan, anaknya Khadijah sudah mulai beradaptasi mengonsumsi susu dan biskuit.

Bahkan ia berjanji tidak akan lagi memberikan anaknya kopi lagi, diakuinya, saat ini bantuan tiga kotak susu dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Polman sudah habis.

“Saya berusaha menyuguhi susu dan makanan pendamping seperti biskuit biar dia bisa melupakan kebiasaan minum kopi,” jelasnya, Kamis (19/9/2019).

Baca juga: Bayi 14 Bulan yang Diberi 5 Gelas Kopi Setiap Hari Akhirnya Minum Susu

2. Masih nangis minta kopi

Viral, orangtua tak mampu beli susu, bayi 14 bulan ini diberi minum 5 gelas kopi per hari.KOMPAS.com/JUNAEDI Viral, orangtua tak mampu beli susu, bayi 14 bulan ini diberi minum 5 gelas kopi per hari.

Dikatakan Anita, kalau anaknya masih belum mau minum susu dan menangis minta kopi. Namun ia tetap tidak memberikannya agar anaknya terbiasa.

Diakuinya, kalau ia banyak dapat saran dari berbagai pihak agar kebiasan buruk anaknya yang tengah ketagihan kopi bisa segera dihentikan.

Ini karena bisa berdampak buruk pada kesehatan dan pertumbuhan Khadijah, jika nantinya susu habis, ia akan memberikan anaknya air putih.

Baca juga: Ibu Bayi 14 Bulan Janji Tak Akan Lagi Berikan Anaknya 5 Gelas Kopi Sehari

3. Minum kopi bisa cegah sakit step

Viral kasus bayi 14 bulan minum lima gelas kopi tubruk per hari di Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Saat ini bocah tersebut menjadi pecandu kopi. KOMPAS.com/JUNAEDI Viral kasus bayi 14 bulan minum lima gelas kopi tubruk per hari di Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Saat ini bocah tersebut menjadi pecandu kopi.

Kepala Dusun Bulung, Desa Tonro Lima, Sarifuddin mengatakan, meminum kopi untuk anak merupakan kepercayaan tersendiri di dusunnya.

"Warga setempat memiliki kepercayaan jika minum kopi bisa mencegah penyakit step atau kejang demam bagi setiap anak, yang biasanya mengalami demam tinggi," katanya kepada Kompas.com.

Baca juga: Viral Bayi 14 Bulan Minum 5 Gelas Kopi, Kadus: Ada Kepercayaan Anak Ngopi Bisa Cegah Sakit Step

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com