Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atlet dari 55 Negara Dipastikan Tampil di Ironman 70.3 Bintan

Kompas.com - 22/08/2019, 11:09 WIB
Hadi Maulana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BINTAN, KOMPAS.com - Kegiatan wisata olahraga internasional yakni lomba triatlon, Ironman 70.3, akan kembali digelar di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Kegiatan yang akan dilaksanakan 25 Agustus 2019 ini dipastikan bakal diserbu peserta mancanegara, karena 882 peserta dari 55 negara sudah melakukan registrasi.

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Buralimar mengatakan, jumlah peserta Ironman 70.3 Bintan dipastikan akan terus bertambah, karena pendaftarannya masih dibuka.

Baca juga: Fakta Kapal Singapura Berisi 40 WNA yang Kandas di Perairan Lobam Bintan, Trauma hingga Surutnya Air Laut

Bahkan berdasarkan informasi terbaru, sebanyak 882 peserta dari 55 negara sudah mendaftar. Atau sudah dipastikan tampil dalam Ironman 70.3 Bintan 2019.

"Jumlah ini akan terus bertambah, karena target kami 1.200 peserta," kata Buralimar melalui telepon, Kamis (22/8/2019).

Negara-negara yang akan mengambil bagian dalam kompetisi itu, di antaranya Singapura, Indonesia, Australia, Inggris Raya, Filipina, Jepang, India, Perancis, Selandia Baru dan Amerika Serikat.

Peserta rata-rata berusia 40 tahun, dan peserta tertua adalah Garth Barfoot asal Selandia yang tercatat berusia 83 tahun. 

"Ironman 70.3 termasuk event yang ditunggu banyak wisatawan. Event ini juga sudah lama dipromosikan, termasuk dalam sejumlah kegiatan di Bintan, seperti Bintan Triathlon," jelasnya.

Peminat Ironman 70.3 sangat banyak sehingga hampir setiap tahun pesertanya selalu membeludak.

Buralimar mengatakan, Ironman 70.3 semakin mempertegas Bintan sebagai destinasi wisata olahraga terbaik di Indonesia.

Ironman 70.3 hanya satu dari berbagai kegiatan yang ada di sana. Hebatnya, semua kegiatan wisata olahraga yang digelar di Bintan selalu ramai oleh peserta mancanegara.

Untuk peserta tahun 2018 lalu total peserta adalah 1.245 orang, yang terdiri dari 225 peserta wanita. Jumlah ini meningkat 19 persen dibanding 2017.

Baca juga: The Pride of West Java Sport Tourism, Mengenal Jabar Lewat Berlari

Sedangkan jumlah peserta pria menyentuh angka 1.020 orang atau naik hingga 81 persen dibandingkan 2017. Ini membuktikan bahwa kegiatan ini sangat diminati.

"Menariknya, muka-muka lama masih mendominasi peserta Ironman 70.3 Bintan 2019. Karena, 34 persen peserta yang sudah melakukan registrasi adalah peserta tahun lalu. Sedangkan peserta lain mengaku mengetahui event ini melalui email, mesin pencarian atau Google, media sosial seperti Facebook dan Instagram, serta dari rekan satu tim," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com