Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda: Warga Jabar dan Warga Papua Guyub Berbaur Bersama

Kompas.com - 19/08/2019, 17:34 WIB
Agie Permadi,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – Buntut aksi protes terhadap tindakan persekusi dan rasisme terhadap mahasiswa Papua di Malang, Surabaya dan Semarang berujung pecah di Manokwari. Kericuhan pun terjadi hingga pembakaran gedung DPRD di Manokwari.

Di Jawa Barat, Kapolda Kabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi mengatakan, warga Jabar dan warga Papua yang ada di Jabar guyub berbaur bersama.

Bahkan, kebersamaan itu nyata terlihat pada saat perayaan Hari Kemerdekaan ke-74 RI , di mana pihaknya merayakan hari kemerdekaan dengan menari bersama warga Papua.

Baca juga: Opsi Pemulangan Mahasiswa Papua oleh Wakil Wali Kota Malang Tak Wakili Pemkot

“Tanggal 17 kemarin, dari Kodam sudah menyiapkan sama kita bahkan Pak Gubernur, Pangdam bersama saya menari bersama warga masyarakat Papua yang ada di Jabar. Kita guyub, itu saudara kita semua,” kata Rudy di Mapolda Jabar, Senin (19/8/2019).

Olej karena itu, Rudy mengimbau warga masyarakat untuk saling menghargai dan menghormati antar sesama di Jawa Barat.

“Saya imbau kepada seluruh masyarakat siapa pun saudara kita, dari mana pun juga kita perlakukan sama di Jabar. Itu saudara kita, mari kita hidup damai tenteram, hidup akur di tanah Pasundan. Jadi Insya Allah kondusif semua,” katanya.

Baca juga: Risma Janji Sambangi Asrama Mahasiswa Papua yang Sempat Dikepung Massa

Kepolisian di Jawa Barat pun berkomitmen akan melindungi semua warga yang ada di Jawa Barat.

“Kita kan semua guyub siapa pun kita lindungilah di sini, siapa pun kita lindungi dari Papua dari mana pun. Jabar tempatnya sekolah banyak orang dari mana-mana semua sama dilindungi,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com