Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Umat Islam Aboge di Banyumas Rayakan Idul Adha Hari ini

Kompas.com - 13/08/2019, 10:03 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANYUMAS, KOMPAS.com - Ratusan umat Islam Alif Rebo Wage (Aboge) di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, merayakan Idul Adha, Selasa (13/8/2019).

Seperti umat Islam lainnya yang telah merayakan Idul Adha lebih awal, Minggu (11/8/2019) lalu, umat Islam Aboge melaksanakan shalat id di Masjid Saka Tunggal desa setrmpat.

Usai melaksanakan shalat, para jemaah makan bersama di kompleks masjid. Sepanjutnya dilakukan pemotongan hewan kurban, baik di kompleks masjid maupun di sekitar permukiman.

Sesepuh sekaligus imam Masjid Saka Tunggal, Kiai Sulam mengatakan, perayaan Idul Adha berbeda dengan umat Islam lainnya karena dasar penghitungan yang berbeda. Umat Islam Aboge menggunakan penghitungan kalender Jawa.

Baca juga: Pengikut Islam Aboge di Banyumas dan Purbalingga Rayakan Idul Adha Selasa Besok

"Rukun dan syaratnya sama insya allah dengan yang lainnya, ada ibadah sunnah puasa juga. Hanya waktunya yang berbeda," kata Sulam seusai shalat ied.

Sulam mengatakan perbedaan dasar penghitungan, menyebabkan pelaksanaan perayaan hari-hari besar kerap berbeda dengan umat Islam lainnya. Namun tidak jarang pelaksanaan juga bersamaan.

"Kadang selisih sehari, kadang juga bersamaan. Kalau Idul Fitri kemarin selisih satu hari, kalau sekarang selisih dua hari," ujar Sulam.

Menurut Sulam, perbedaan tersebut bukan menjadi masalah bagi warga setempat. Sesuai keyakinan masing-masing, ada yang mengikuti kalender nasional dan banyak juga yang masih mempertahankan penghitungan dari leluhur warha setempat.

"Sebagian warga desa sini pengikut Aboge, hampir 80 persen mungkin. Idul Adha ini tidak terlalu ramai, karena banyak yang sekolah dan bekerja," kata Sulam.

Baca juga: Rayakan Idul Fitri Hari Ini, Jemaah Islam Aboge Lakukan Shalat Id

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com