Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lompat ke Sungai, Pelaku Penembakan Kanit Reskrim Polsek Mesuji Tewas Tenggelam

Kompas.com - 02/08/2019, 20:13 WIB
Aji YK Putra,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Jonhen alias Jon (40), salah satu pelaku penembakan Kanit Reskrim Polsek Mesuji Makmur, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Aipda Anumerta Aprizal, ditemukan tewas setelah mencoba melarikan diri dengan cara melompat ke sungai ketika ditangkap petugas.

Kabid Humas Polda Sumatera Selatan Kombes Pol Supriadi mengatakan, Jon adalah satu dari enam tersangka pelaku penembakan Aipda Anumerta Aprizal.

Saat dilakukan penangkapan di Jalan Umum, Kecamatan Way Bahoga, Way Kanan Lampung, pelaku mencoba melompat dari mobil petugas untuk melarikan diri.

Baca juga: Kronologi Tewasnya Kanit Reskrim di Tangan Perampok, Tertembak di Dada Kanan hingga Terguling di Jembatan

"Saat itu anggota berhenti hendak buang air kecil. Mendadak pelaku langsung mencoba kabur dan keluar dari mobil langsung melompat ke sungai di Desa Kuto Sari, Kecamatan Belitang, OKU Timur, dalam keadaan terborgol," kata Supriadi, ketika berada di rumah sakit Bhayangkara Palembang, Jumat (2/8/2019).

Saat terjun ke sungai, petugas langsung melakukan pencarian terhadap Jon selama 15 menit. Tak jauh dari sungai, Jon sudah ditemukan tewas lemas akibat tenggelam.

Setelah jenazah Jon ditemukan, petugas langsung membawanya ke rumah sakit Bhayangkara Palembang untuk dilakukan visum.

"Kondisi arus sungai waktu itu sangat deras, diduga pelaku meninggal karena terbawa arus, terlebih lagi saat itu dia dalam keadaan teborgol," ujar dia.

Supriadi menerangkan, saat ini mereka telah mencari pelaku lain yang merupakan komplotan Jon. Nama Jon sebelumnya muncul setelah dilakukan pemeriksaan kepada para saksi.

Baca juga: Polisi Tetapkan 4 Tersangka Kerusuhan Mesuji, Apa Saja Perannya?

"Lima pelaku lain masih dikejar, kami masih kembangkan kasus ini. Dari tersangka kami dapatkan senjata api rakitan," ujar Supriadi.

Sekadar mengingatkan, Kanitreskrim Polsek Mesuji Makmur Aipda Anumerta Afrizal sebelumnya tewas usai mencoba menangkap kawanan perampok tauke karet di Dusun 5, Desa Beringin Jaya, Kecamatan Mesuji Makmur, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan, Sabtu (1/6/2019) kemarin.

Tauke karet yang bernama Kodri (40), mengalami luka tembak di bagian paha kiri dan perut oleh kawanan Jon. Sementara, Aipda Anumerta Afrizal tewas usai mengalami luka tembak di bagian dada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com