Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilihan Ketua RW Rasa Pilpres di Batam, "Prabowo" Kalahkan "Jokowi"

Kompas.com - 22/07/2019, 15:39 WIB
Hadi Maulana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Pemilihan ketua Rukun Warga (RW) XVIII di Perumahan Pantai Gading, Kelurahan Tanjung Buntung, Kecamatan Bengkong, Batam, Kepulauan Riau, mirip pemilihan presiden.

Kedua calon ketua RW memiliki nomor dan "nama" yang sama saat pilpres kemarin. Calon petahana nomor urut 01 Sugiono berjuluk Jokowi. Sementara lawannya nomor urut 02, Hardianto berjuluk Prabowo.

Amran, salah satu panitia pemilihan RW di Perum Pantai Gading, mengatakan, pemilihan ketua RW rasa pilpres ini semata-mata untuk mempermudah warga dalam memberikan hak suaranya.

"Saat saya lempar ke warga terkait hal (ide) ini, warga tidak ada yang protes. Ya, makanya kami panitia lanjutkan pemilihannya menggunakan nama kedua calon saat pilpres kemarin," kata Amran melalui telepon, Senin (22/7/2019).

Baca juga: Ini Alasan Ketua RW di Malang Buat Tata Tertib Denda Berzina Rp 1,5 Juta, KDRT Rp 1 Juta

Terlebih saat pemaparan visi misi, kedua calon memang terlihat mirip Jokowi dan Prabowo.

Petahana yang lebih dulu berkampanye, lanjut Amran, mempromosikan apa yang telah diperbuatnya selama 3 tahun menjabat sebagai ketua RW XVIII di Perum Pantai Gading.

Sementara sang penantang lebih ke arah mengkritik sejumlah kebijakan yang telah dilakukan petahana selama 3 tahun belakangan ini.

"Tapi semua itu tetap berjalan dengan aman, tanpa ada ketersinggungan antara keduanya dan proses pemilihanpun selesai seauai yang diharapkan," jelasnya.

Namun berbeda dengan pilpres, pada pemilihan ketua RW ini sang penantang menang. Penantang dengan julukan Prabowo berhasil meraih 319 suara, sementara petahana meraih 200 suara.

Baca juga: Fakta di Balik Denda Rp 1,5 Juta Bagi Pelaku Zina di Malang, Isi Lengkap Tata Tertib hingga Ketua RW Siap Revisi

Dengan begitu sang penantang, Hardianto unggul 61,2 persen atas petahana, Sugiono, yang hanya meraih suara 38,7 persen.

"Hasil penghitungannya sudah kami serahkan ke kelurahan, selanjutnya menunggu kelurahan mengeluarkan SK baru untuk pelantikan yang sekaligus serah terima jabatan," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com