Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25 Tahun Berjualan Rujak, Zaenah dan Suami Akhirnya Berangkat Haji

Kompas.com - 11/07/2019, 12:11 WIB
Hamzah Arfah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com – Asal ada niat kuat, di situlah pasti ada jalan. Kata-kata inilah yang dipegang oleh pasangan Ajmain (60) dan Zaenah (55), warga Desa Manyar Sidomukti, Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur.

Sebab dari hasil jualan rujak dan gorengan di warung berukuran 2x3 meter yang terletak di teras rumahnya, pasangan tersebut akhirnya memenuhi impian mereka untuk pergi menunaikan ibadah ke Tanah Suci tahun ini.

“Saya jualan ini (dari pagi) hingga sore, sejak anak saya yang pertama sekolah TK (taman kanak-kanak), sekitar 25 tahun lalu. Hasilnya, dikit-dikit ada yang sengaja saya sisihkan untuk ikut arisan di kampung,” kata Zaenah saat ditemui di rumahnya, Rabu (10/7/2019).

Baca juga: Kumpulkan Uang di Karung Selama 30 Tahun, Nenek Ini Akhirnya Berangkat Haji

Menurut Zaenah, setiap hari ia biasa mendapatkan uang dari hasil penjualan rujak dan gorengan hingga Rp 500.000. Namun hasil ini masih kembali diperuntukkan guna keperluan membeli bahan untuk berjualan esok harinya, dengan sebagian lagi digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Dari sebagian uang yang digunakan untuk keperluan sehari-hari tersebut, Zaenah tidak lupa menyisihkan uang untuk membayar arisan di kampungnya sebesar Rp 30.000, dengan hasil yang didapatkan bisa mencapai Rp 6 juta.

“Uang itu (hasil arisan) yang kemudian saya tabung, dan ada juga yang saya belikan emas. Hingga akhirnya saya buat daftar haji, alhamdulillah tahun ini dapat panggilan,” tutur dia.

Zaenah dan Amijan mengaku mendaftar sebagai calon jemaah haji sejak 2010 silam, dan setelah menunggu kurang lebih 9 tahun akhirnya mereka berdua diumumkan oleh Kementerian Agama sebagai calon jemaah haji asal Gresik yang berangkat pada tahun ini.

Menurut jadwal, pasangan Zaenah dan Amijan tergabung dalam kloter 57 dan akan berangkat pada 24 Juli 2019. Mereka tergabung dalam embarkasi Surabaya, dengan lebih dulu berkumpul di Asrama Haji Sukolilo sebelum diberangkatkan melalui Bandara Juanda.

“Alhamdulillah, rasanya senang sekali dapat panggilan bisa menunaikan ibadah haji bersama suami,” ucap ibu tiga anak ini.

Berdasarkan catatan Kantor Kemenag Gresik, sebanyak 2.135 calon jemaah haji berangkat dari Gresik tahun ini. Mereka terbagi dalam lima kloter, dari kloter 55 hingga 59.

Baca juga: Menabung sejak 1965, Kakek 92 Tahun dan Istri Akhirnya Berangkat Haji

Rencananya, calon jemaah haji kloter 55 dan 56 diberangkatkan dari Gresik menuju Asrama Haji Sukolilo pada tanggal 23 Juli 2019, kemudian kloter 57 dan 58 satu hari berselang. Disusul kloter 59 diberangkatkan pada tanggal 25 Juli 2019 pagi.

Calon jemaah haji termuda asal Gresik pada tahun ini tercatat atas nama Dela Aimmatul Maghfiroh (19), warga Desa Betoyo Kauman, Kecamatan Manyar, Gresik.

Sementara calon jamaah haji tertua atas nama Tunayah (90), warga Desa Sooko, Kecamatan Wringinanom, Gresik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com