Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Bolaang Mongondow Utara, Warga Panik

Kompas.com - 03/07/2019, 23:16 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Gempa magnitudo 4,9 mengguncang Boroko, Kabupateng Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (3/7/2019) pukul 22.18 Wita.

Getaran gempa terasa sampai di Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), selama 2 hingga 3 detik. Gempa tersebut juga sempat membuat warga panik.

"Menurut informasi dari BPBD Bolmong di grup WhatsApp demikian," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado, Edward Henry Mengko lewat pesan singkat saat dikonformasi, Rabu malam.

Edward menjelaskan, gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,9 ini terjadi dengan koordinat episenter pada 0,94 LU dan 123,11 BT.

"Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 18 kilometer arah Baratlaut Boroko, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Provinsi Sulawesi Utara, pada kedalaman 21 kilometer," jelas dia.

Baca juga: Gempa Bermagnitudo 5,4 Guncang Maluku, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa yang terjadi ini berkedalaman dangkal akibat sesar Gorontalo. Itu ditinjau dari kedalaman hiposenternya.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Lolak, Bolmong III-IV MMI, Bone Bolango dan Bolmut III MMI, serta Gorontalo II MMI.

"Hingga pukul 23:00 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," ujar Edward.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Pesisir Cilacap, Tak Berpotensi Tsunami

Kepada warga di sekitar wilayah Kabupaten Bolmong, wilayah Kabupaten Bolut, dan wilayah pesisir Provinsi Gorontalo bagian utara dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang.

"Juga tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com