Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerindra Siapkan Nama Nasrul Abit Bertarung di Pilgub Sumbar

Kompas.com - 02/07/2019, 14:23 WIB
Perdana Putra,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Partai Gerindra Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan nama Nasrul Abit untuk bertarung pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar 2020.

Nasrul Abit merupakan kader utama Gerindra di Sumbar yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Gerindra Sumbar dan juga wakil gubernur Sumbar.

"Berdasarkan aspirasi dari DPC-DPC Gerindra di Sumbar, nama Nasrul Abit mencuat untuk disiapkan maju di Pilgub Sumbar 2020," kata Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar, Sabrana yang dihubungi Kompas com, Selasa (2/7/2019).

Baca juga: PDI-P Siapkan Bupati Termuda Jadi Calon Gubernur Sumbar

Sabrana mengatakan, untuk mengusung calon, Gerindra bisa sendiri tanpa koalisi. Pasalnya, jumlah kursi Gerindra di DPRD Sumbar melebihi 20 persen yaitu 14 kursi.

Kendati bisa mengusung sendiri, menurut Sabrana, Gerindra masih terbuka untuk berkoalisi dengan partai lain guna memperkuat dan memperbesar kemungkinan memenangkan pilgub.

"Bisa saja kita menerima koalisi dengan partai lain. Apalagi untuk pasangan calon pendamping cagub dari Gerindra masih dicari," jelasnyaa.

"Kita partai pemenang pemilu di Sumbar, tentunya kita usung kader kita untuk menjadi nomor satu atau calon gubernur, bukan wakil gubernur lagi," tegasnya.

Baca juga: PAN Siapkan 3 Nama untuk Bertarung di Pilgub Sumbar 2020

Sebelumnya, sejumlah partai sudah menyiapkan kader terbaiknya untuk bertarung di Pilgub Sumbar 2020.

PKS sudah menyiapkan nama Tifatul Sembiring, Mahyeldi yang kini merupakan wali kota Padang dan Riza Pahlevi (wali kota Payakumbuh).

Kemudian Demokrat menyiapkan nama Mulyadi yang merupakan anggota DPR RI tiga periode dan sekaligus ketua DPD Demokrat Sumbar.

PAN menyiapkan nama Ali Mukhni (ketua DPW PAN dan bupati Padang Pariaman dua periode), Epyardi Asda (mantan anggota DPR RI) serta Shadiq Pasadigue (mantan bupati Tanah Datar dua periode).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com