PAN Siapkan 3 Nama untuk Bertarung di Pilgub Sumbar 2020

Kompas.com - 24/06/2019, 20:07 WIB
Ilustrasi pilkada KOMPAS/TOTO SIHONOIlustrasi pilkada

PADANG, KOMPAS.com - Partai Amanat Nasional (PAN) Sumatera Barat menyapkan tiga nama untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar 2020.

Tiga nama tersebut adalah Ali Mukhni (ketua DPW PAN Sumbar) yang juga bupati Padang Pariaman dua periode, Epyardi Asda (mantan anggota DPR RI tiga periode) dan Shadiq Pasadique (mantan bupati Tanah Datar dua periode).

"Ada tiga nama kader PAN Sumbar yang digadang-gadangkan siap maju di Pilgub Sumbar 2020. Mereka adalah Ali Mukhni, Epyardi Asda dan Shadiq Pasadique. Mereka adalah kader terbaik PAN Sumbar," kata Ketua Harian DPW PAN Sumbar, Guspardi Gaus kepada Kompas.com, Senin (24/6/2019) di Padang.

Guspardi menyebutkan, untuk mengusung calon di Pilgub Sumbar 2020 nanti, pihaknya dipastikan berkoalisi dengan partai lain karena PAN hanya mendapatkan 10 kursi DPRD Sumbar.


"Untuk mengajukan calon minimal 13 kursi. Dengan demikian, PAN harus berkoalisi," ujar anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024 itu.

Baca juga: PKS Siapkan 3 Nama untuk Pilgub Sumbar 2020, Salah Satunya Tifatul Sembiring

Untuk koalisi, menurut Guspardi, PAN Sumbar terbuka terhadap semua partai baik dari partai pendukung Prabowo-Sandi maupun Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Pilpres sudah selesai. Saya pikir tidak ada lagi parpol pendukung Prabowo atau Jokowi lagi. Kita dinamis saja, partai mana yang satu visi dan bisa diajak berkoalisi tentu akan kita jajaki," kata Guspardi.

Guspardi mengatakan, persaingan di Pilgub Sumbar 2020 dipastikan sangat ketat karena petahana Irwan Prayitno tidak bisa maju lagi.

Baca juga: Pilgub Sumbar 2020, Demokrat Siapkan Mulyadi Jadi Cagub

Sejumlah nama, menurut Guspardi, sudah mulai muncul seperti Tifatul Sembiring, Mahyeldi dan Riza Pahlevi dari PKS, Mulyadi dari Demokrat, dan Nasrul Abit dari Gerindra. Kemudian ada nama Kapolda Sumbar Fakhrizal.

"PAN tentu ingin memenangi Pilgub Sumbar 2020 ini. Pada Pilkada serentak 2018 lalu, PAN sukses memenangi tiga daerah yaitu Padang, Kota Pariaman dan Sawahlunto. Ini akan menjadi modal berharga PAN," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X