Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Polisi Antisipasi Kepadatan Arus Mudik di Exit Tol Klodran-Gondangrejo

Kompas.com - 28/05/2019, 15:24 WIB
Labib Zamani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


SOLO, KOMPAS.com - Saat arus mudik Lebaran, kepadatan kendaraan diprediksi bakal terjadi di pintu tol Klodran dan Gondangrejo yang akan difungsionalkan.

Sebab, kedua pintu tol ruas Solo-Ngawi tersebut akan menjadi akses utama kendaraan mudik dari arah Jakarta menuju ke arah Solo dan sekitarnya.

Kepolisian Resor Kota (Polresta) Surakarta telah menyiapkan sejumlah solusi untuk menangani kepadatan tersebut, misalnya dengan membuat pos yang terdapat petugas. 

Baca juga: Mudik Gesit: Tol Pandaan-Malang Rawan Kabut dan Ada Tanjakan, Pemudik Diminta Waspada

Sedikitnya ada tiga pos, terdiri satu pos pengamanan dan dua pos pelayanan yang disiapkan selama arus mudik-balik Lebaran.

Kasatlantas Polresta Surakarta Kompol Busroni mengatakan, pos pelayanan tersebut didirikan di kawasan Gladak dan Palang Joglo Kadipiro, Banjarsari.

Sedangkan pos pengamanan didirikan di kawasan Kldoran tak jauh dari pintu tol Klodran.

"Ketika Klodran menjadi bangkitan arus dari Jakarta, beban arus kendaraan akan terjadi di Palang Joglo, Kadipiro. Sehingga, pos kami yang terbesar (pos pelayanan terpadu) ada di Palang Joglo," kata Busroni, di Solo, Jawa Tengah, Selasa (28/5/2019).

Pos pelayanan terpadu Palang Joglo, lanjut dia, dilengkapi dengan fasilitas pantauan TMC dari Mabes Polri maupun melakukan video conference dari Mabes Polri.

Busroni menyampaikan, video conference tersebut untuk memantau pergerakan kendaraan arus mudik dari Jawa Barat menuju Jateng, maupun dampak one way dari arah Jakarta.

"Kalau terjadi lonjakan arus dari arah Klodran nanti kami alihkan dari Masjid Mujahidin belok kanan masuk kota (Slamet Riyadi). Ketika beban arus dari Gongrejo tinggi, arus yang menuju Karanganyar menuju Sukoharjo lewat Sekip belok kiri," urai dia.

Ketika perjalanan kereta api yang melintas palang pintu Joglo meningkat, maka arus di kawasan tersebut akan ditutup sebagian. Kendaraan dari arah Gondangrejo, Gemolong yang mengarah ke Pasar Nusukan akan ditutup.

Selanjutnya, mereka akan dialihkan melalui Ngemplak. Hal ini dilakukan untuk membuka arus kendaraan di Palang Joglo.

Sebaliknya, kendaraan yang akan mengarah ke Gemolong dari Pasar Nusukan, wajib belok kiri.

Disamping itu, apabila kepadatan kendaraan dari pintu exit Tol Klodran berdampak terhadap arus lalin di kawasan VVIP, maka akan dilakukan rekayasa lalu lintas.

Pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan PT Jasamarga Solo Ngawi dan para Kasatlantas Polres Jajaran di Solo Raya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com