Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertahankan 7 Kursi, PDI Perjuangan Dominasi DPRD Maluku

Kompas.com - 22/05/2019, 15:10 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Provinsi Maluku kembali mempertahankan dominasinya sebagai partai pemenang di Maluku.

Berdasarkan hasil rekapitulasi pengitungan dan penetapan suara calon anggota legislatif tingkat provinsi yang dilakukan KPU Maluku, PDI-P meraup kursi terbanyak dan memastikan diri sebagai pimpinan DPRD Maluku.

Dari hasil penetapan rekapitulasi KPU, PDI-P meraih 7 kursi dari total 45 kursi yang tersedia. Jumlah 7 kursi itu diraih para caleg PDI-P dari 7 dapil yang ada di Maluku. Jumlah kursi tersebut sama dengan yang diperoleh pada 2014.

“Hasil pileg 2019 yang telah diumumkan oleh KPU, PDI-P keluar sebagai partai pemenang di Maluku,” kata Wakil Ketua DPD PDI-P Maluku Benhur Watubun kepada wartawan di Ambon, Selasa (21/5/2019).

Baca juga: Rekapitulasi KPU: PDI-P Menang di Sulbar, Disusul Gerindra dan Nasdem

Dia menjelaskan, dari hasil penetapan KPU, PDI-P mampu mempertahankan 7 kursi di DPRD Maluku sehingga secara otomatis kader PDI-P berhak memimpin DPRD Maluku.

“Secara otomatis, sebagai pemenang pertama kami yang akan menduduki ketua DPRD,” ujarnya.

Hasil rekapitulasi

Dari hasil rekapitulasi penghitungan dan penetapan suara oleh KPU, PDI-P meraih masing-masing 1 kursi dari 7 daerah pemilihan di Maluku, disusul Partai Golkar dan Partai Gerindra yang masing-masing memperoleh 6 kursi.

Selanjutnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang pada 2014 mampu mengirimkan 6 wakil di DPRD Maluku kini kehilangan satu kursi menjadi 5 kursi.

Adapun Partai Hanura yang pada 2014 hanya meraih 3 kursi kini menambah 2 kursi sehingga wakil mereka di DPRD Provinsi Maluku menjadi 5 kursi.

Baca juga: Survei Charta Politika Prediksi PDI-P Menang Pemilu, Gerindra Runner Up

 

Partai Demokrat yang sebelumnya memiliki 6 kursi di DPRD dan menempatkan wakil sebagai pimpinan DPRD kehilangan dua kursi menjadi 4 kursi.

Adapun Partai Nasdem dan PKB masing-masing memperoleh 3 kursi, sedangkan PPP yang pada 2014 hanya meraih 1 kursi kini mampu meraih 2 kursi di DPRD Maluku.

Sama dengan PPP, Perindo yang merupakan partai baru di Pemilu 2019 juga ikut mengirim dua wakil di DPRD Maluku.

Sementara PAN dan Partai Berkarya masing-masing mengirim 1 wakil di DPRD Provinsi Maluku. Dengan komposisi tersebut, ketua DPRD masih menjadi milik kader PDI-P.

Adapun kader Partai Golkar, Gerindra, dan PKS dipastikan akan menduduki kursi wakil ketua DPRD Maluku. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com