Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Cirebon Siapkan Rp 8 Triliun Rupiah untuk Kebutuhan Tukar Uang Baru Selama Ramadhan

Kompas.com - 17/05/2019, 10:17 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Rachmawati

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Cirebon Jawa Barat menyediakan layanan penukaran uang baru dengan total nilai Rp 8 triliun.

Penukaran uang baru akan berlangsung selama 17 hari, atau sejak tanggal 13 hingga 29 Mei mendatang. KPw Bank Indonesia Cirebon berkerjasama dengan sejumlah bank melayani penukaran di dalam dan juga luar kantor dengan mobil kas keliling.

M Abdul Madjid Ikram, Kepala KPw Bank Indonesia Cirebon menyampaikan pihaknya menyediakan uang baru berbagai pecahan dari yang terbesar Rp100.000 hingga terkecil Rp1.000.

Baca juga: BI Purwokerto Siapkan Rp 500 Juta untuk Kebutuhan Tukar Uang Baru di Pasar Murah

Penukaran di luar kantor akan dilakukan di 19 titik secara bergantian dan bekerja sama  dengan sejumlah bank. Beberapa tempat antara lain: Pasar Kramat Jl. Siliwangi Kota Cirebon, Halaman Masjid Attaqwa Kota Cirebon, dan Halaman Masjid Nurul Iman Perumnas Kota Cirebon.

Mereka juga akan membuka layanan penukaran uang baru di rest area Tol Cipali seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Kami menyediakan baik dari mulai pecahan Rp100.000, Rp50.000 hingga yang terkecil. Kegiatan ini kita laksanakan di seluruh wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan). Memang konsentrasi saat ini masih di Kota Cirebon. Kegiatan penukaran ini berkerjasama dengan beberapa perbankan,” kata Madjid saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (16/5/2019).

Pada minggu kedua bulan suci Ramadhan, Bank Indonesia Cirebon menyediakan uang baru senilai Rp 6 triliun rupiah. Namun secara keseluruhan, total jumlah uang baru yang disediakan pada Ramadhan tahun 2019 sebesar Rp8 triliun rupiah.

Jumlah ini naik dari tahun 2018 lalu senilai Rp5 triliun rupiah. Penambahan ini dilakukan berdasarkan tingkat antusiasme masyarakat untuk menukarkan uang baru serta kondisi ekonomi Indonesia yang membaik.

Penukaran uang baru juga merupakan upaya Bank Indonesia untuk memenuhi kebutuhan uang baru masyarakat selama bulan suci ramadan hingga menjelang Idul Fitri mendatang.

Baca juga: BI Kediri Layani Penukaran Uang Baru untuk Lebaran hingga 28 Mei

Pantauan Kompas.com, sejumlah warga di Jalan Siliwangi Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon rela mengantre cukup panjang untuk menukarkan uang lamanya dengan yang baru di mobil kas keliling Bank Indonesia.

Mereka yang tiba sejak pagi, rela mengantre secara berdiri untuk menunggu giliran. Bahkan, semakin siang antrean warga justru semakin bertambah panjang.

Yudi warga Kota Cirebon mengaku mengantre sejak pagi. Dia memilih menukarkan uang baru beberapa pekan sebelum mendekati Idul Fitri untuk mengantisipasi antrean yang kian panjang.

Lebaran masih lama. Cuman ini mumpung lagi ada kesempatan. Daripada nanti (mendekati lebaran) penuh dan lama,” kata Yudi yang mengenakan batik bermotif mega mendung.

Yudi menukarkan uang senilai Rp2.600.000 dengan berbagai pecahan, terutama nilai kecil. Uang baru tersebut akan dia gunakan untuk uang saku kepada sanak famili seperti tradisi lebaran setiap tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com