Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepri Berpotensi Hujan Disertai Angin Kencang dan Petir Selama 3 Hari ke Depan

Kompas.com - 26/04/2019, 07:48 WIB
Hadi Maulana,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), memperingatkan warga Kepri untuk berhati-hati selama tiga hari ke depan.

Pasalnya cuaca di wilayah Kepri sedang tidak bersahabat. Selain berpotensi terjadi hujan dengan intensitas lebat, juga disertai dengan petir dan angin kencang.

Prakirawaan BMKG Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim, Batam Noah D Ginting mengatakan, peringatan dini cuaca wilayah Kepulauan Riau dalam pantauan satelit peramal cuaca (forecaster) BMKG Hang Nadim terungkap adanya penumpukan massa udara di wilayah Kepri akibat terdapatnya daerah pumpunan angin (konvergensi) cukup mendukung untuk pertumbuhan awan-awan.

Hal ini berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Secara umum kondisi cuaca tiga hari ke depan diperkirakan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Untuk itu kami minta agar masyarakat Kepri untuk selalu waspada dan berhati-hati," kata Noah melalui sambungan telepon, Jumat (26/4/2019).

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Banggai Kepulauan, Tidak Berpotensi Tsunami

Noah mengatakan, potensi tersebut terjadi di wilayah Kecamatan Karimun, Buru, Belat, Kundur Utara, Ungar, Durai, Lingga, Singkep Barat dan sekitarnya.

Serta dapat meluas ke wilayah Kecamatan Nongsa, Galang, Sagulung, Sungai Beduk, Teluk Sebong, Tebing, Kundur Barat, Kundur, Meral, Senayang, Selayar, Singkep, Sigkep Pesisir dan sekitarnya.

"Kondisi ini diperkirakan berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga sore nanti," jelasnya.

Baca juga: BMKG: Beberapa Wilayah Berpotensi Hujan Lebat 3 Hari Mendatang

Tak hanya itu, untuk tinggi gelombang, berdasarkan pantauan satelit peramal cuaca (forecaster) secara keseluruhan terbilang normal.

Hanya saja di perairan Lingga, Anambas dan Natuna yang perlu diwaspadai, karena tinggi gelombang bisa mencapai 1,30 meteran, bahkan bisa lebih.

"Kami berharap agar masyarakat Kepri untuk selalu waspada, terutama pengguna jasa laut," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com