Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syukuran Kemenangan Jokowi-Ma'ruf, Warga di Subang "Ngagubyag Balong"

Kompas.com - 21/04/2019, 11:24 WIB
Farid Assifa

Editor

KOMPAS.com - Masyarakat di Kampung Sukadaya, Desa Sukasari, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang, Jawa Barat, menggelar syukuran kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin versi hitung cepat sejumlah lembaga survei.

Syukuran dilakukan dengan cara "ngagubyag balong" atau membedah kolam ikan oleh ratusan warga, Minggu (21/4/2019). Dalam acara ini, warga dibebaskan menangkap ikan yang sudah disediakan di kolam tersebut.

Ruhmid, tokoh masyarakat Sukasari, mengatakan, kegiatan ini merupakan inisatif warga sebagai bentuk syukuran atas kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin versi hitung cepat pada Pemilu 2019. Juga sebagai ucapan terima kasih kepada masyarakat yang sudah memenangkan pasangan calon nomor 01 itu di daerahnya.

"Bentuk rasa syukur karena kan Pak Jokowi bisa menang, khususnya di daerah kami," kata Ruhmid dalam keterangan tertulis, Minggu.

Baca juga: Ulama Muda dan Santri di NTB Gelar Syukuran Kemenangan Jokowi-Maruf

Dia menilai, Jokowi yang kini masih menjadi presiden sudah banyak memperhatikan warga Jawa Barat, khususnya Subang. Kata dia, Jokowi sudah membantu memajukan pertanian di Subang, membangun infrastruktur di pelosok desa, modernisasi irigasi dengan memperbanyak embung dan melebarkan sungai-sungai yang sudah menyempit karena pembangunan rumah warga.

Menurut Rahmid, ngagubyag balong merupakan tradisi turun temurun dalam setiap acara syukuran, termasuk di momen pilpres ini. Biasanya, kata dia, ngagubyag balong dilakukan di saluran air atau selokan. Namun karena saat ini tidak memungkinkan, maka acara tangkap ikan ramai-ramai ini akhirnya digelar di kolam.

Terkait hasil pemilihan presiden 2019, Ruhmid optimistis Jokowi-Ma'ruf menang. Selain karena dibuktikan oleh hitung cepat (quick count) lembaga survei, hingga saat ini berdasarkan hasil real count KPU, Jokowi-Ma'ruf masih unggul.

Diketahui, data penghitungan suara Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 yang dimuat dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih terus bergerak.

Data tersebut ditampilkan dalam portal pemilu2019.kpu.go.id. Hingga Minggu (21/4/2019) pukul 07.02, data yang masuk telah mencapai 64.109 TPS dari total 813.350 TPS. Jika dipresentasekan, jumlah tersebut baru mencapai sekitar 7,88 persen.

Hasil Situng sementara menunjukkan, pasangan capres cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul dengan raihan suara 54,27 persen. Sementara paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapatkan suara 45,73 persen.

Baca juga: Erick Thohir Persilakan Relawan dan Pemilih Jokowi-Maruf Gelar Syukuran

Sementara itu, ketua Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf Daerah Jawa Barat Dedi Mulyadi mengatakan, acara ini merupakan bentuk ekspresi kebahagiaan warga Subang dalam menyambut hasil Pemilu 2019. 

"Mereka lebih memilih cara yang membahagiakan daripada menegangkan, itu tradisi warga di sini," kata Dedi, Minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com