Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hologram Jokowi Disambut Antusias Warga Desa Terpencil di Tasikmalaya

Kompas.com - 09/04/2019, 13:20 WIB
Irwan Nugraha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Penyampaian program pemerintah melalui hologram Presiden Joko Widodo (Jokowi) disambut antusias ribuan warga Desa Pamijahan, Kecamatan Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya pada Senin (8/4/2019) dan berakhir Selasa (9/4/2019) dini hari. 

Penayangan hologram tersebut merupakan hasil kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). 

Hologram Jokowi tersebut memaparkan aneka keberhasilan pembangunan yang dilakukan pemerintah dalam beberapa tahun terakhir. 

"Kami baru tahu ada tayangan hologram langsung Pak Presiden, seperti nyata kita berbincang dengan Pak Presiden. Dalam tayangan itu, kami warga baru mengetahui ternyata sudah banyak yang dilakukan pemerintah selama ini. Maklum, kami di kampung," jelas Maman Nurhadiyat, salah satu tokoh masyarakat setempat.

Baca juga: 6 Fakta Kampanye Jokowi di Jatim, Ngopi Bareng di Warung hingga Muncul lewat Hologram

Acara hologram Jokowi ini pun dilengkapi dengan beberapa hiburan tradisional lainnya seperti pagelaran calung dan marawis.

Warga yang hadir pun terasa terhibur meski ini kegiatannya adalah pemaparan keberhasilan pembangunan. Tayangan pun dilengkapi dengan beberapa testimoni masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia.

"Ada tayangan pembangunan tol di mana-mana tadi. Juga, listrik ke daerah sangat terpencil tadi di gunung, kayaknya seperti di daerah Timur Indonesia. Juga, ada juga pembagian sertifikat gratis tadi," tambah Maman.

Baca juga: Kampanye di Lebak, Jokowi Tampil Dalam Bentuk Hologram

Pesan warga

Sementara itu, salah seorang pengasuh pesantren daerah setempat, Tatang Nurmawan, menilai program pemerintah selama ini dirasakan langsung masyarakat.

Seperti adanya program keluarga harapan, dan pelayanan jaminan kesehatan serta pendidikan tingkat dasar gratis. Bahkan, pesantren saat ini dirasakan semakin mudah akses mendapatkan bantuan dari pemerintah.

"Alhamdulillah, kita sekarang benar sudah dirasakan masyarakat dari pemerintah. Nah, nanti siapa yang akan melanjutkan pasca Pilpres nanti, supaya bisa terus dilanjutkan dan bahkan lebih baik lagi," ungkapnya.

Seperti halnya dijelaskan di acara tadi, lanjut Tatang, ada rencana kartu jaminan masyarakat lainnya seperti kartu jaminan sembako dan jaminan kerja supaya bisa benar terealisasikan.

Baca juga: Jadwal Padat, Jokowi Juga Kampanye Lewat Hologram

 

Pihaknya, tak terlalu menanggapi siapa nantinya yang akan melanjutkan pimpinan negara, terpenting jaminan untuk masyarakat bisa terus berlangsung dan semakin terasa lagi.

"Tadi kan ada jaminan lagi tuh seperti kartu yang akan dikeluarkan pemerintah. Nanti siapapun yang memimpin usai Pemilu, jangan korbankan masyarakat. Terpenting bisa dilanjutkan dan semoga semakin baik lagi," pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com