Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Halmahera Barat, Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 02/04/2019, 20:19 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Gempa bermagnitudo 5,2 terjadi di Halmahera Barat, Maluku Utara, Selasa (2/4/2019) pukul 19.28 WIB.

"Lokasi gempa 1.79 LU, 127.26 BT (60 kilometer BaratLaut Halmahera Barat, Malut), dengan kedalaman 88 kilometer," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado, Edward Henry Mengko, melalui pesan singkat saat dikonfirmasi, Selasa malam.

Baca juga: Alumni SMA Kanisius Bantu Korban Gempa Palu dengan Gowes Merah Putih For Palu

Menurut Edward, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng laut Maluku.

Ia menambahkan, hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Khusus di wilayah Ternate dan Halmahera, belum ada informasi dirasakan. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami," kata dia.

Baca juga: Gempa Bumi Sumbar, 11 Warga Solok Selatan Luka Ringan, Puluhan Rumah Rusak

Dia juga mengatakan, terkait informasi gempa tersebut dirasakan di Manado, yang disampaikan oleh seseorang lewat grup WhatsApp BMKG, PVMBG dan stakeholder, pihaknya belum bisa konfirmasi balik orang tersebut.

"Karena hanya dari satu orang yang menginformasikan merasakan gempa bumi ini, sementara di daerah Ternate dan Halmahera, yang lebih dekat ke pusat gempa buminya, belum ada laporan kalau gempanya dirasakan," tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com