Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bumi Dalam Berkekuatan 4,7 Magnitudo Terdeteksi di Laut Sulawesi

Kompas.com - 10/12/2018, 11:07 WIB
Rosyid A Azhar ,
Khairina

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.comGempa berkekuatan 4,7 magnitudo menghunjam mantel bumi di kedalaman Laut Sulawesi sebelah utara Provinsi Gorontalo.

Pusat gempa diketahui berada di 298 kilometer barat laut Kabupaten Gorontalo Utara pada kedalaman 591 km. Gempa terjadi pada pukul 11.00 Wita.

“Pada kedalaman seperti ini aktivitas gempanya sudah hampir mencapai batas mantel bumi, jalur penjalarannya pun akan terserap energi seismik menuju permukaan bumi,” kata  Asyer Octhav, pengamat Meteorologi dan Geofisika di Stasiun Geofisika Gorontalo, Senin (10/12/2018).

Baca juga: Lewat Senggigi Sunset Jazz 2018, Para Pedagang Kecil Titipkan Harapan Setelah Gempa Lombok

Dengan kedalaman yang mencapai ratusan kilomoter, gempa ini cenederung tdak dirasakan warga.

Asyer Octhav menjelaskan, gempa ini adalah jenis intraplate, namun bisa juga karena subduksi dari Laut Maluku yang menunjam ke bawah busur Sangihe.

“Gempa bumi di wilayah Laut Sulawesi karakteristiknya dalam,” ujar Asyer Octhav.

Kompas TV Berikut tiga berita terpopuler versi KompasTV hari ini. Pasukan TNI-Polri sudah temukan 16 jenazah dan 3 orang selamat korban pembunuhan di jembatan Nduga. Semua korban, baik selamat maupun tewas akan dievakuasi ke Timika. Gempa bermagnitudo 5,7 guncang Lombok, NTB. Warga langsung berhamburan keluar, termasuk pegawai dan siswa. Gubernur nonaktif Jambi Zumi Zola divonis 6 tahun penjara dan denda Rp 500 Juta. Zumi Zola divonis terkait kasus gratifikasi dan suap.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com