Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencuri Terekam CCTV Gasak Tas Jamaah Perempuan yang Sedang Shalat

Kompas.com - 28/03/2019, 11:17 WIB
Junaedi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com – Pelaku pencurian beraksi menggasak tas milik jamaah yang sedang menunaikan shalat subuh berjamaah di Masjid Syuhada, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Rabu (27/3/2019).

Aksi pencurian tas ini terekam closed circuit television (CCTV) milik Masjid Syuhada. Pihak pengurus masjid telah melihat dan memutar ulang rekaman CCTV.

Dalam rekaman CCTV berdurasi dua menit tersebut, pelaku yang diduga adalah seorang pria, yang menyamar menjadi perempuan dengan menggunakan mukenah dan masker untuk menutupi wajahnya.

Pelaku diduga sengaja terlambat masuk ke masjid saat menyasar barang-barang berharga milik para jamaah.

Baca juga: Kejar Pencuri Dana BOS, Polisi Kembali Periksa Kepala SDN Harapan Baru III

Pelaku mengambil saf wanita paling belakang. Pelaku kemudian berpura-pura ikut shalat bersama jamaah lain.

Saat jamaah sedang sujud pada rakaat pertama, pelaku kemudian berdiri dan melihat situasi di kiri-kanan jamaah. Beberapa saat kemudian tangan pelaku terlihat mengambil tas jamaah yang berada di depannya.

Pelaku kemudian buru-buru berlari keluar dan meninggalkan masjid.

“Kalau melihat caranya berlari, kemungkinan pelaku adalah pria yang sengaja mengenakan mukenah dan masker untuk menghindari kecurigaan," kata Iskandar, jamaah sekaligus pengurus masjid.

Imam Masjid Syuhada, Fauzy Al Mahdali mengatakan, kejadian seperti ini bukan kali pertama terjadi. Olehnya itu, pihak masjid sudah lama menyiagakan dua orang sekuriti untuk berjaga–jaga di sekitar masjid.

"Pernah juga ada bapak-bapak yang hilang tasnya waktu shalat. Makanya kami pihak masjid menyiapkan sekuriti," kata dia.

Fauzy mengatakan, korban kejadian tersebut adalah salah seorang wanita bernama Nur, warga Kelurahan Takatidung. Akibat kejadian ini, korban kehilangan tas berisi sejumlah uang, surat berharga dan telepon genggam.

Ia mengimbau kepada jamaah, agar tidak menaruh atau menyimpan barang berharga di samping atau belakangnya.

Baca juga: Tak Kapok 5 Kali Jadi Residivis, Pencuri Ini Ditembak Polisi

"Ini peringatan kepada setiap warga untuk selalu berhati-hati dan waspada terhadap aksi pencurian yang bisa terjadi di mana saja. Padahal, setiap sebelum takbir, saya selalu ingatkan jamaah agar barangnya disimpan di depannya," kata dia.

Pasca-kejadian, tas milik korban ditemukan warga dibuang pelaku di sekitar masjid. Namun, sejumlah uang milik korban yang berada di dalam masjid telah raib.

Korban telah melapor kasus ini ke pihak aparat kepolisian setempat.

"Kasusnya masih sedang kami selidiki. Termasuk apakah pelakunya benar seorang pria yang menyamar jadi perempuan seperti banyak dugaan jamaah usai melihat CCTV," kata Kasat Reskrim Polres Polman, AKP Syaiful Isnaeni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com