Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Capek usai Debat Cawapres, Ma’ruf Amin Tetap Hadiri Harlah NU di Gresik

Kompas.com - 18/03/2019, 15:25 WIB
Hamzah Arfah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com – Usai menghadiri debat kandidat calon wakil presiden (cawapres) pada Minggu (17/3/2019) malam, Cawapres 01 KH Ma’ruf Amin datang ke Gresik untuk menghadiri peringatan Harlah Nahdlatul Ulama (NU) ke-93 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Senin (18/3/2019).

Ma’ruf mengatakan ia memang dalam kondisi kecapekan usai menghadiri debat cawapres Minggu malam. Namun, dia tetap menghadiri peringatan Harlah NU di Gresik lantaran tidak ingin mengecewakan pihak yang mengundang.

“Saya memang capek, tadi malam masih debat. Tapi kalau kader NU, kalau NU memerlukan, saya harus siap hadir memenuhi undangan,” ujar Ma’ruf berpidato di hadapan ribuan kader NU yang hadir di Stadion Gelora Joko Samudro, Senin.

“Apalagi NU Gresik. Kenapa? Karena saya yakin di Gresik pasangan Jokowi (Joko Widodo)-Ma’ruf Amin akan menang dengan telak,” ucap Ma’ruf yang kemudian disambut tepuk tangan oleh para hadirin.

Baca juga: Maruf Amin: Kalau Ada Orang NU Tak Pilih Kader NU, Innalillahi...

Terlebih sebagai kader NU, Ma’ruf juga merasa berkepentingan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari ancaman perpecahan.

“Kita sebagai orang NU memang selalu menjaga NKRI. Dengan cara melakukan pengawalan, dengan cara-cara istigasah, berdoa kepada Allah supaya NKRI tetap dijaga. Karena ada orang yang mengatakan NKRI akan bubar, boleh apa tidak? Tidak boleh bubar dan tidak akan bubar,” kata dia.

Ma’ruf juga menyebut bahwa kabar mengenai punahnya NKRI merupakan berita yang tidak benar (hoaks). Bahkan ia mengibaratkan, kata-kata punah tidak sepantasnya karena itu layaknya hewan dinosaurus.

“Ada yang mengatakan NKRI akan punah, NKRI tidak akan punah dan tidak boleh punah,” tegas Ma’ruf.

“Memangnya dinosaurus apa, kok punah. Karena bagi kita, NKRI harga mati,” ucap Ma’ruf yang lagi-lagi disambut tepuk tangan para hadirin.

Baca juga: Maruf Amin Sampaikan Duka Cita Atas Meninggalnya Ibunda Abdul Somad

Di hadapan kader NU yang memadati stadion Gelora Joko Samudro, Ma’ruf berjanji dan mengajak para hadirin untuk mengawal keutuhan NKRI supaya tidak terjadi perpecahan, apalagi dalam waktu seperti ini di tengah banyaknya kabar hoaks dan fitnah.

“Inilah masalahnya, untuk itu kita kawal terus jangan sampai NKRI pecah,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com