Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Kapal Kecil Dilarang Berlayar di Laut Maluku

Kompas.com - 14/03/2019, 16:30 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Farid Assifa

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Kantor Kesyahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ambon mulai melarang kapal-kapal tradisional berukuran kecil untuk berlayar ke sejumlah wilayah di Maluku.

Larangan berlayar itu diberlakukan otoritas Pelabuhan Ambon menyusul kondisi cuaca yang tidak menentu di peraiaran laut Maluku.

“Larangan berlayar hanya diberlakukan untuk kapal-kapal berukuran kecil,” kata Kepala Bidang Keselamatan Berlayar KSOP Ambon, Hery Suryono kepada sejumlah wartawan di Pelabuhan Ambon, Kamis (14/3/2019).

Dia menjelaskan, sistem buka tutup di pelabuhan Ambon ini diberlakukan untuk menghindari adanya risiko kecelakaan di laut. Menurutnya, tidak semua kapal dilarang berlayar, namun hanya kapal yang berukuran kecil saja.

“Tiga hari sebelumnya kita juga melarang kapal-kapal kecil untuk berlayar. Tapi tadi malam masih ada kapal yang kami izinkan berlayar baik di Pelabuhan Galala maupun Pelabuhan Ambon,” ujarnya.

Baca juga: BMKG Peringatkan Gelombang Setinggi 4 Meter di Perairan Maluku

Dia menambahkan, larangan berlayar bagi kapal-kapal kecil itu dilakukan berdasarkan informasi cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ambon.

"Jadi tergantung cuaca, kan cuaca selalu berubah setiap saat. Jadi larangan berlayar itu berpatokan pada kondisi cuaca,” jelasnya.

Baca juga: Gelombang 4 Meter Berpotensi di Perairan Enggano hingga Papua Barat

Dia pun mengimbau penyedia trasnportasi laut agar dapat mematuhi larangan berlayar jika kondisi cuaca benar-benar tidak memungkinkan.

"Harus dipatuhi. Kalau tidak, kita tidak akan mengeluarkan izin berlayar,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com