Salin Artikel

Cuaca Buruk, Kapal Kecil Dilarang Berlayar di Laut Maluku

Larangan berlayar itu diberlakukan otoritas Pelabuhan Ambon menyusul kondisi cuaca yang tidak menentu di peraiaran laut Maluku.

“Larangan berlayar hanya diberlakukan untuk kapal-kapal berukuran kecil,” kata Kepala Bidang Keselamatan Berlayar KSOP Ambon, Hery Suryono kepada sejumlah wartawan di Pelabuhan Ambon, Kamis (14/3/2019).

Dia menjelaskan, sistem buka tutup di pelabuhan Ambon ini diberlakukan untuk menghindari adanya risiko kecelakaan di laut. Menurutnya, tidak semua kapal dilarang berlayar, namun hanya kapal yang berukuran kecil saja.

“Tiga hari sebelumnya kita juga melarang kapal-kapal kecil untuk berlayar. Tapi tadi malam masih ada kapal yang kami izinkan berlayar baik di Pelabuhan Galala maupun Pelabuhan Ambon,” ujarnya.

Dia menambahkan, larangan berlayar bagi kapal-kapal kecil itu dilakukan berdasarkan informasi cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ambon.

"Jadi tergantung cuaca, kan cuaca selalu berubah setiap saat. Jadi larangan berlayar itu berpatokan pada kondisi cuaca,” jelasnya.

Dia pun mengimbau penyedia trasnportasi laut agar dapat mematuhi larangan berlayar jika kondisi cuaca benar-benar tidak memungkinkan.

"Harus dipatuhi. Kalau tidak, kita tidak akan mengeluarkan izin berlayar,” ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2019/03/14/16300611/cuaca-buruk-kapal-kecil-dilarang-berlayar-di-laut-maluku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke