Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Bandung Sudah Surut, Sebagian Warga Masih Bertahan di Pengungsian

Kompas.com - 12/03/2019, 07:36 WIB
Agie Permadi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Banjir di Kabupaten Bandung akhirnya kembali surut, meski begitu sejumlah warga masih ada yang bertahan di pengungsian.

"Betul, sudah surut," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Sudrajat, dalam pesan singkatnya, Selasa (12/3/2019).

Berdasarkan data yang didapatkan BPBD Kabupaten Bandung, banjir kini hanya merendam dua RW di kampung didekat sungai Citarum di Kecamatan Baleendah.

Baca juga: Antisipasi Banjir Bandung Raya, Pemprov Jabar Perbanyak Kolam Retensi

Daerah yang masih terendam itu yakni Kampung Cigosol RW 009, dan Kampung Ciputat RW 013, dengan ketinggian air hanya 10 cm dan makin menyurut.

Jumlah pengungsi yang masih bertahan di Kecamatan Dayeuh Kolot ada sekitar 108 KK atau 557 jiwa. Di Kecamatan Baleendah, Pengungsi tinggal 191 KK atau 594 jiwa.

Sedang di Kecamatan Bojong Soang, pengungsi yang masih bertahan tinggal 45 KK atau 123 Jiwa.

Hari ini, petugas gabungan akan melakukan pembersihan bekas banjir di wilayah terdampak. "Hari ini kami akan apel dianjutkan melakukan pembersihan di eks banjir, bersama OPD terkait, Diskar, Para pegiat kebencanaan atau relawan, kewilayahan dan masyrakat," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com