Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Legenda Grup Lawak Srimulat Didik Mangkuprojo Tutup Usia

Kompas.com - 01/03/2019, 17:55 WIB
Hamzah Arfah,
Khairina

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.comDidik Mangkuprojo, salah satu legenda grup lawak Srimulat meninggal dunia pada Kamis (28/2/2019) malam.

Didik menghembuskan napas terakhir usai sempat mendapat perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ibnu Sina, Gresik.

Pria yang lahir di Malang pada 28 Agustus 1938 dengan nama asli Dondi Sunardi Hadi Siswoyo tersebut, meninggal dunia pada usia 81 tahun usai kondisi fisiknya sempat drop.

Didik dimakamkan di TPU Ngagel, Surabaya, Jumat (1/3/2019) pagi.

“Barusan, tadi pagi dimakamkan, di dekat makam ibu,” ujar salah seorang menantu Didik Mangkuprojo, Arif Santoso, Jumat (1/3/2019).

Baca juga: Nurbuat Srimulat Meninggal Dunia

Arif mengatakan, almarhum sebelumnya memang tinggal bersama kakak iparnya di Surabaya.

Namun empat tahun terakhir sampai dengan tutup usia, Didik memilih tinggal bersama Arif dan keluarganya di Perum Alam Singgasana, Kecamatan Cerme, Gresik.

“Katanya sih ingin tinggal bersama anaknya yang bungsu, istri saya. Dan ingin hidup tenang, jauh dari hiruk-pikuk kota (Surabaya),” ucap dia.

Ia lantas mengenang perjuangan Didik semasa hidup, yang diceritakan oleh Arif sebagai sosok yang ingin selalu menghibur orang lain.

Bahkan, hal itu masih sempat dilakukan oleh Didik saat dirawat di RSUD Ibnu Sina.

“Almarhum ayah sosok seniman sejati, yang hingga tutup usia masih coba melawak dan membuat orang tertawa. Bahkan, kemarin saat dirawat di Ibnu Sina itu, pasien lain maupun perawat di sana masih sempat dihibur oleh beliau sebelum meninggal,” kata Arif.

Didik yang biasa dikenal dengan potongan gaya rambut ala anak punk semasa hidup dan tergabung bersama Srimulat, di akhir masa hidupnya, dikatakan oleh Arif, masih cukup rajin dalam menuliskan karya, baik berupa puisi maupun naskah drama.

“Tidak sekedar kata-kata mutiara, namun juga mengandung unsur dakwah atau ajakan untuk berbuat baik. Dengan tulisan itu, kemudian dibagi oleh beliau kepada setiap orang yang ditemuinya,” tutur dia.

Srimulat sendiri memang memiliki banyak anggota yang tersebar di beberapa kota di Pulau Jawa.

Selain Didik, beberapa anggota Srimulat lain yang sudah lebih dulu berpulang di antaranya Gepeng, Pak Bendot, Asmuni, Basuki, Timbul Suhardi, Mamiek Prakoso, Djuduk Djuariah, Eko DJ, Bambang Gentolet, serta Gogon.

Kompas TV Pelawak senior dari grup Srimulat, Nurbuat meninggal dunia di rumahnya di Pondok Kelapa, Jakarta Timur pada Kamis (14/6) malam.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com