Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur F-16 dan Hawk TNI AU Latihan Terbang Malam di Pekanbaru

Kompas.com - 13/02/2019, 08:39 WIB
Idon Tanjung,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


PEKANBARU, KOMPAS.com - Pesawat tempur TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru, Riau, melakukan latihan terbang malam.

Latihan jet tempur itu terlihat Selasa (12/2/2019) malam. Beberapa pesawat beberapa kali mengelilingi wilayah udara Pekanbaru.

Danlanud Rsn Pekanbaru Marsma TNI Ronny Irianto Moningka mengungkapkan, latihan terbang malam dilakukan oleh Skadron Udara 12 dan Skadron Udara 16 Wing 6, yang melibatkan jet tempur F-16 dan Hawk 100/200.

Baca juga: Pesawat Ethiopia Dipaksa Mendarat oleh Jet Tempur TNI AU, Ini Alasannya

"Latihan terbang malam dilaksanakan selama empat hari, yakni dari Senin (11/2/2019) kemarin hingga Kamis (14/2/2019)," kata Ronny, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa.

Latihan terbang malam, lanjut dia, dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan serta keahlian para penerbang jet tempur.

Latihan kali ini, sambung dia, dipimpin langsung oleh Komandan Skadron Udara 12 Letkol Pnb Asri Effendi Rangkuti dan Komandan Skadron Udara 16 Letkol Pnb Bambang Apriyanto. Latihan dilakukan di area Lanud Rsn Pekanbaru.

"Pelaksanaan latihan terbang malam juga bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme personel, baik skill (keahlian) maupun kemampuan terbang (profesiensi) para penerbang," ujar Ronny.

Baca juga: TNI AU Panggil Pihak Ethiopian Airlines yang Masuk Tanpa Izin ke Batam

Selain itu, tambah dia, termasuk kesiapan seluruh ground crew pesawat dalam mengantisipasi kemungkinan akan terjadinya gangguan, ancaman, serta pelanggaran wilayah udara Indonesia oleh pihak lain, baik yang datang pada waktu siang maupun malam hari.

Selama pelaksanaan latihan, Ronny menekankan kepada seluruh personel yang terlibat dalam latihan untuk selalu mengedepankan faktor safety atau keselamatan terbang serta keamanan.

"Sehingga seluruh rangkaian latihan dapat terlaksana dengan aman, lancar, dan tak kurang suatu apapun hingga selesainya latihan," tutup Ronny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com