Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diterjang Angin Kencang Gedung Islamic Center Pamekasan Rusak

Kompas.com - 04/02/2019, 23:15 WIB
Taufiqurrahman,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


PAMEKASAN, KOMPAS.com - Hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang terjadi di Kabupaten Pamekasan, Senin (4/2/2019), merusak sejumlah tempat. Di antaranya, Gedung Islamic Center, masjid, gedung perkuliahan IAIN Madura, dan beberapa rumah warga.

Gedung Islamic Center mengalami kerusakan di sejumlah jendela karena kacanya pecah. Ada 15 jendela di lantai dua yang kacanya berserakan.

Kejadian tersebut sempat membuat panik banyak warga di dalam gedung yang sedang melakukan doa bersama untuk kemenangan capres Jokowi-Ma'ruf Amin.

Baca juga: BMKG: Peringatan Dini Cuaca di Sulut, Waspada Hujan Lebat, Kilat dan Angin Kecang

"Awalnya hanya hujan biasa. Tiba-tiba petir dan angin kencang menerjang dan memecahkan kaca jendela Islamic Center. Pecahnya kaca jendela tidak bersamaan, tapi bergiliran, sehingga warga panik," ujar Miftahul Arifin, salah satu warga.

Di kampus IAIN Madura, tower radio kampus roboh karena diterjang angin kencang. Menurut salah satu karyawan, Mustajava, besi tower merusak empat ruang perkuliahan di bagian atap.

Beruntung tidak ada mahasiswa atau karyawan serta dosen yang tertimpa bahan bangunan.

Sedangkan, di Desa Ceguk, sebuah kuba masjid berlantai dua, ikut ambruk karena tertiup angin kencang. Plat aluminium tipis, ikut berterbangan ke udara dibawa angin.

Baca juga: Di Pamekasan, Tiga Orang Meninggal karena DBD

"Waktu kejadian, melihat plat kubah sudah mirip layangan. Namun rangka besinya tidak sampai ambruk ke tanah," terang Suhil Qodri, warga setempat.

Rumah-rumah warga di Desa Sopaah, Kecamatan Pademawu, juga mengalami kerusakan akibat angin kencang. Atap rumah warga, paling banyak mengalami kerusakan.

"Atap genteng atau asbes juga ada yang rusak. Ada yang dibawa terbang sampai ke tengah sawah," kata Ratna, warga Desa Sopaah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com