Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Februari, KPU Pangandaran Mulai Rakit Karton Menjadi Kotak Suara

Kompas.com - 17/01/2019, 15:47 WIB
Candra Nugraha,
Farid Assifa

Tim Redaksi

CIAMIS, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mulai merakit kotak suara awal Februari 2019. Saat ini, kotak suara tersebut masih berbentuk lembaran-lembaran karton.

"Awal bulan depan rencananya mulai diset. Per tanggal 23 Januari, kotak digeser ke gudang utama di Bale Desa Ciliang. Sekarang masih ada di gudang KPU, belum diset," kata Ketua KPU Pangandaran, Muhtadin, Rabu (17/1/2019).

Muhtadin menyebutkan, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Pangandaran sebanyak 1.350 unit. Setiap TPS nantinya ditempat lima kotak suara. Dengan demikian, total kotak suara untuk Kabupaten Pangandara sebanyak 6.750 buah.

Ihwal logistik surat suara, dia mengatakan, pihaknya belum menerima. Surat suara masih dalam proses pencetakan di pusat.

"Surat suara belum. Yang sekarang fokus di bidang logistik adalah kotak suara. Kotak dan segel sudah komplit," ucapnya.

Baca juga: 42 Kotak Suara dan dan 4 Botol Tinta yang Diterima KPU NTT Rusak

Untuk menjaga logistik pemilu, kata Muhtadin, gudang dikawal dua hingga empat anggota Polres Ciamis. Pengamanan dilaksanakan selama 24 jam.

"Pengamanan kita full. Gudang KPU dikawal ketat," katanya.

Pihaknya juga bekerjasama dengan aparat kepolisian saat nanti menggeser logistik pemilu dari KPU ke PPK. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kerawanan menjelang pemilu.

TPS bertambah

Di bagian lain, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) untuk pemilu di Kabupaten Ciamis bertambah 1 TPS. Awalnya jumlah TPS sebanyak 4.361, kini menjadi 4.362 unit.

"Kita kekurangan kotak suara, bilik suara untuk 1 TPS," kata Ketua KPU Kabupaten Ciamis, Agus Fattah saat dikonfirmasi, Kamis.

Setiap TPS, kata Agus, ada 4 bilik suara dan 5 kotak suara. Penambahan TPS tersebut terjadi di Lembaga Permasyarakatan Ciamis. "Banyak pemilih pindahan," katanya.

Baca juga: KPU Surakarta Tak Permasalahkan Kotak Suara Berbahan Karton Kedap Air

Terkait logistik pemilu, Agus menyebutkan, berasal dari KPU RI, KPU Provinsi, dan KPU kabupaten/kota. Logistik pemilu dari pusat, yakni kotak suara, bilik suara, dan surat suara.

"Dari (KPU) provinsi seperti sampul, kita sudah 90 persen. Dari KPU kabupaten alat kelengkapan TPS, alat tusuk, bantal sudah hampir 80 persen tersedia," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com