Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maluku Tenggara Resmi Miliki Depot Pengisian Pesawat Udara

Kompas.com - 17/01/2019, 15:00 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TUAL, KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VIII secara resmi mengoperasikan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Karel Sadsuitubun, di Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara, Kamis (17/1/2019).

Pengresmian DPPU Karel Sadsuitubun ini diakukan dalam rangka mendukung mobilitas transportasi bagi warga Tual dan Maluku Tenggara.

Sebelumnya, Depot Pengisian Pesawat Udara berada di Pangkalan Udara TNI AU – Dumatubun sampai dengan tahun 2014. Bandara Karel Sadsuitubun sendiri merupakan titik penghubung antara Langgur (Kepulauan Kei) dengan Ambon, Dobo, Larat serta Saumlaki.

General Manager Pertamina MOR VIII, Iin Febrian dalam sambutannya menyampaikan bahwa beroperasinya DPPU Karel Sadsiluitubun merupakan wujud komitmen dari Pertamina untuk mendukung operasi dan pertumbuhan lalu lintas udara di Kawasan Timur Indonesia khususnya di wilayah Provinsi Maluku.

Baca juga: Jembatan yang Hubungkan Tual-Maluku Tenggara Ambruk, 2 Orang Luka-luka

 

Selain itu, berdirinya DPPU tersebut sekaligus mendukung program pemerintah dalam rangka modernisasi infrastruktur khususnya dalam bidang transportasi udara.

“Pertamina berharap agar berdirinya Depot Pengisian Pesawat Udara ini dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan dunia penerbangan di Kawasan Timur Indonesia,” tutur Iin Febrian saat meresmikan DPPU tersebut.

Dia meyakini peresmian dan pengoperasian DPPU Karel Sadsuitubun akan sangat membantu peningkatan pelayanan transportasi udara di Kepulauan Kei, Maluku, termasuk juga mendorong peningkatan sektor ekonomi dan pariwisata di wilayah tersebut.

“Serta juga memiliki peran membuka peluang di sektor Pariwisata Kepulauan Kei dengan datangnya wisatawan domestik dan mancanegara ke Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual. Dengan demikian, roda perekonomian akan bergerak,” tambah Iin.

Baca juga: 8 Hari Kandas, KM Sinabung Akhirnya Dapat Ditarik ke Pelabuhan Tual

Dia menambahkan fasilitas DPPU Karel Sadsuitubun yang diresmikan hari ini adalah sarana dan fasilitas penerimaan, penimbunan, serta penyaluran Avtur yakni 4 tangki modular avtur dengan kapasitas 23 kiloliter (KL) serta fasilitas pengisian berupa kendaraan refueller sejumlah 2 buah untuk kegiatan into plane operation.

"Dengan beroperasinya DPPU ini maka akan stokfile untuk pengisian bahan bakar pesawat untuk setiap hari menjadi 11 hari, sebelumnya hanya 1 hari," ungkapnya.

Dampak ke pariwisata 

Wakil Bupati Maluku Tenggara, Petrus Beruatwarin, menyampaikan apresiasi atas upaya Pertamina dalam merespon peningkatan tren penerbangan di wilayah Kabupaten Maluku Tenggara sehingga memberi dampak positif bagi pariwisata dan perekonomian bagi masyarakat.

"Beroperasinya DPPU ini tentu akan sangat membantu lalu lintas penerbangan yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata," ungkapnya.

DPPU Karel Sadsuitubu terletak di Jalan Bandara Langgur, Ibra, Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, dan berdekatan dengan lokasi bandara komersil Karel Sadsuitubun, Langgur dengan titik supply dari Terminal BBM Tual. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com