Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BKSDA Cek Lokasi Amukan Gajah Liar di Aceh Utara

Kompas.com - 12/01/2019, 14:53 WIB
Masriadi ,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Aceh mengecek lokasi amukan gajah liar di Kecamatan Simpang Keramat, Kabupaten Aceh Utara.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah Lhokseumawe BKSDA Aceh Dedi Irvansyah, Sabtu (12/1/2019), menyebutkan, BKSDA telah menemui salah satu masyarakat pelapor bernama Jufri di kawasan itu.

Di lokasi itu, ditemukan kotoran gajah liar dan sisa batang sawit yang dimakan gajah.

“Untuk Pak Jufri ini, sebagai pelapor, kami berikan bantuan 12 mercon. Agar ketika gajah itu datang, bisa dihalau dengan mercon,” ujar Dedi.

Dia mengatakan, berdasarkan keterangan masyarakat sekitar, diduga gajah turun ke perkebunan warga karena ada pembukaan lahan baru perkebunan sawit di kawasan itu. 

Baca juga: Kawanan Gajah Liar Rusak Rumah dan Puluhan Hektare Kebun Warga di Aceh Utara

Hal ini mengakibatkan habitat mereka di area hutan terganggu dan mencari makan ke kawasan perkebunan dan permukiman warga.

“Menurut warga ada 12 ekor yang terlihat. Kami tentu berupaya agar gajah itu bisa kita usir kembali ke kawasan hutan,” kata Dedi.

Sebelumnya diberitakan, satu unit rumah dan puluhan hektar tanaman warga di Desa Kilometer 8 SP3, Kecamatan Simpang Kramat, Aceh Utara, Jumat (10/1/2019), dirusak gajah liar.

Tidak ada korban dalam kejadian itu. Namun, warga berlarian karena melihat hewan bertubuh besar itu masuk ke area perkebunan warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com