Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pilwali Surabaya 2020, Nama-nama Calon Pengganti Risma Bermunculan

Kompas.com - 11/01/2019, 18:10 WIB
Achmad Faizal,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Pilwali Surabaya masih akan digelar tahun 2020. Namun nama-nama calon wali kota Surabaya pengganti Tri Rismaharini sudah mulai bermunculan. Beberapa bahkan sudah mulai bergerak turun ke tengah masyarakat dan memasang baliho di tengah kota.

Catatan Kompas.com, beberapa nama yang muncul, selain nama Wakil Wali Kota Surabaya, Wisnu Sakti Buana, yang dipastikan akan running Pilwali Surabaya, juga muncul nama mantan Anggota DPR RI Fandi Utomo, Kepala Bappeko Kota Surabaya Eri Cahyadi, dan politisi muda Bayu Airlangga.

Selain itu juga ada Bupati Ponorogo Ipong Muchlisoni, Wakil Bupati Trenggalek, Mohammad Nur Arifin, politisi PAN Agus Maimun, bahkan musisi kelahiran Surabaya Ahmad Dhani juga sempat masuk bursa calon wali kota pengganti Risma.

Baca juga: Soekarwo Mulai Pikirkan Pejabat Pengganti Risma

Yayan Sakti Suryandaru, Pakar Komunikasi Politik Universitas Airlangga Surabaya, menyebut, nama-nama yang beredar saat ini belum ada yang menyamai kualitas Risma. "Standar masyarakat Surabaya tentang sosok wali kota tinggi, karena ukuran standar figur Risma," katanya dikonfirmasi, Jumat (11/1/2019).

Dia yakin, nama-nama yang muncul akan berubah hingga menjelang Pilwali Surabaya, tahun depan. "Rentang waktu masih cukup panjang, dan banyak potensi berubahnya nama-nama yang muncul," ujarnya.

Risma sendiri sudah 2 periode menjadi wali kota Surabaya sejak 2010. Periode pertama menggandeng Bambang Dwi Hartono, mantan Wali Kota Surabaya sebelum Risma. Di periode kedua, Risma bergandengan dengan Wisnu Sakti Buana, ketua DPC PDIP Surabaya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com