Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Korban Longsor Sukabumi Dapat Bantuan dari Polri

Kompas.com - 07/01/2019, 18:44 WIB
Budiyanto ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Selain warga terdampak bencana tanah longsor, sejumlah warga Dusun Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat, juga mendapatkan bantuan dari Polda Jawa Barat dan Polres Sukabumi.

Penyerahan bantuan dilaksanakan di halaman SD Negeri Cimapag yang sebelumnya digunakan sebagai ruang Disaster Victim Identification (DVI) dan ruang kesehatan.

Bantuan yang disalurkan di antaranya berupa beras, minyak sayur, dan mi instan. Bantuan tersebut dikhususkan untuk keluarga korban terdampak langsung, penampung pengungsi dan penampung relawan.

"Kami juga menyalurkan bantuan sembako bagi warga untuk meringankan beban mereka," jelas Kepala Polres Sukabumi AKBP Nasriadi kepada wartawan di sela-sela penyerahan sembako di SD Cimapag, Senin (7/1/2019).

Baca juga: BNPB: Longsor Susulan Masih Terus Terjadi di Cisolok Sukabumi

Kepala Dusun Cimapag Lili Amaludin menuturkan, penyaluran bantuan berupa sembako kepada warga tentunya sangat membantu. Ia mewakili warga penerima mengucapkan terima kasih kepada Polri.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Polri yang sudah memberikan bantuan," ucap Lili.

Jumlah rumah yang menampung ratusan personel TNI, Polri, dan para relawan serta potensi SAR mencapai 100 unit. Rumah itu tersebar di Kampung Cimapag, Pasireurih, Selakopi.

Selain menyalurkan sembako, diserahkan juga tiga buah toren air untuk menampung air bersih. Dua di antaranya untuk SDN Cimapag, SMP Negeri 3 Satu Atap Cisolok dan Dusun Cimapag.

Untuk diketahui, bencana tanah longsor yang menimbun permukiman Kampung Garehong berdampak pada rusaknya 29 rumah yang dihuni 30 kepala keluarga dengan 100 jiwa.

Akibat bencana yang terjadi pada akhir tahun 2018 ini, 33 orang diduga hilang tertimbun. Sebanyak 32 korban di antaranya ditemukan tewas dan sisanya hilang. Lalu 64 orang selamat dan 3 orang cedera berat. Korban cedera sempat dirawat di RSUD Palabuhanratu.

Baca juga: 5 Fakta Bencana Longsor di Cisolok, Ridwan Kamil Angkat Anak Asuh hingga 132 Kali Longsor

Diberitakan sebelumnya bencana tanah longsor dilaporkan terjadi di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (31/12/2018) petang.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 18.00 WIB di Kampung Garehong, Kadusunan Cimapag, Desa Sirnaresmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com