Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian Hari ke-6 Pendaki Hilang di Gunung Lawu, Tim SAR Fokus di Pasar Bubrah

Kompas.com - 07/01/2019, 15:48 WIB
Sukoco,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


MAGETAN , KOMPAS.com - Hari keenam upaya pencarian pendaki dari Magelang yang hilang saat mendaki Gunung Lawu akan difokuskan di area puncak.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Surakarta Arif mengatakan, tim SAR akan fokus melakukan penyisiran di wilayah puncak sampai Pasar Dieng atau Pasar Bubrah.

Pasar Bubrah atau para pendaki biasa menyebut 'pasar setan' merupakan kawasan padang yang ditumbuhi ilalang yang bisa dilalui dari jalur Candi Cetho, jalur di mana Alvin Kurniawan melakukan pendakian.

Baca juga: Hari Kelima Pencarian, Pendaki yang Hilang di Gunung Lawu Belum Ditemukan

“Pencarian dari puncak, penyisiran menuju Pasar Dieng dan beberapa derah yang dicurigai terdapat survivor,” ujar Arif, Senin (07/01/2019).

Arif menuturkan, informasi yang berhasil dikumpulkan tim SAR dari beberapa saksi sebelum dilaporkan hilang, Alvi terlihat di sekitar Pos 5 dan sekitar Warung Mbok Yem. Terakhir kali terlihat Alvi mengenakan kaos lengan pendek dan tas selempang kecil.

“Informasi sejumlah saksi melihat di sekitar Pos 5 atau sekitar Warung Mbok Yem. Kita belum menemukan petunjuk apapun,” imbuh dia.

Sebelumnya, Alvi Kurniawan pendaki dari Magelang dilaporkan hilang oleh rekan sesama pendaki Wahyu Chandra, setelah diketahui beradu cepat menuju puncak Lawu dengan seorang pendaki perempuan dari Wonosobo.

Baca juga: Jalur ke Puncak Gunung Lawu Steril dari Pendaki Setelah Ditutup

Namun, saat rekan satu rombongan Alvi sampai di puncak Lawu, mereka tidak mendapati keberadaan Alvi.

Alvi bersama 6 rekannya mendaki Gunung Lawu pada Senin (31/12/2018) dan hingga Senin (7/1/2019) korban belum diketahui keberadaannya.

Kompas TV Seorang pendaki asal Magelang hilang di Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur sejak malam pergantian tahun. Upaya pencarian tim SAR gabungan terkendala cuaca ekstrem akibat hujan badai yang terjadi di Puncak Lawu. Dikabarkan hilang sejak malam pergantian tahun baru pada 31 Desember lalu, upaya pencarian terhadap Alvi Kurniawan, 20 tahun pendaki asal Magelang, Jawa Tengah di Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur terus dilakukan tim SAR gabungan BPBD Magetan. Dua hari penyisiran melalui tiga jalur pendakian Candi Cetho, Cemoro Kandang serta Cemoro Sewu, tim masih belum bisa menemukan keberadaan korban yang terpisah dari rombongan. Angin kencang hujan badai dan terbatasnya jarak pandang di Puncak Lawu menjadi kendala utama tim SAR untuk mencari korban.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com