Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Pendaki Hilang di Puncak Gunung Lawu, Polisi Tutup Jalur Pendakian

Kompas.com - 04/01/2019, 12:10 WIB
Sukoco,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAGETAN , KOMPAS.com - Kepolisian Resor Magetan Jawa Timur masih melakukan upaya pencarian terhadap hilangnya seorang pendaki Gunung Lawu yang berasal dari Magelang.

Kapolres Magetan AKBP Muhammad Riffai mengatakan, ditutupnya jalur pendakian ke puncak Gunung Lawu selain untuk mempermudah upaya pencarian juga untuk mencegah adanya korban baru.

“Sementara masih ditutup karena selain untuk mempermudah evakuasi juag untuk mencegah adanya korban baru mengingat ciaca cukup ekstrim,” ujarnya di sela kunjungannya ke RSUD Magetan untuk menjenguk bayi Arini, Jumat (04/01/2019).

Muhammad Riffai menambahkan, faktor cuaca menjadu kendala upaya pencarian terhadap Alvi Kurniawan (20), pendaki asal Desa Mejing, Kecamatan Candi Mulyo, Kabupaten Magelang, yang dilaporkan hilang saat melakukan pendakian bersama rekannya di untuk merayakan tahun baru.

Baca juga: Balapan ke Puncak Gunung Lawu, Pendaki asal Magelang Hilang

 

Kondisi Gunung Lawu yang berkabut disertai angin dengan suhu 8 derajat menyulitkan tim pencari untuk menemukan Alvi.

“Kita cek situasi di Cemoro Sewu saja 8 derajat, itu angin sama kabut, jarak 1 meter tidak kelihatan. Apalagi di atas,” imbuhnya.

Saat ini kepolisian Resor Magetan telah menurunkan 19 personil untuk melakukan pencarian dibantu oleh personil pengelola jalur pendakian, BPBD dan enam komunitas pecinta alam.

Muhammad Riffai menghimbau untuk pendaki yang masih berada di puncak Gunung Lawu untuk segera turun dan melapor kepada pengelola jalur pendakian.

Baca juga: Libur Panjang, Jumlah Pendaki Gunung Lawu Meningkat

Sebelumnya, Alvi Kurnia dilaporkan hilang oleh rekannya sesama pendaki Wahyu Chandra setelah diketahui beradu cepat menuju puncak Lawu dengan seorang pendaki perempuan dari Wonosobo.

Namun, saat rekan satu rombongan Alvi sampai di puncak Lawu mereka tidak mendapati keberadaannya.

Alvi bersama enam rekannya mendaki Gunung Lawu pada Senin tanggal (31/12/2018) dan hingga Jumat (03/01) belum diketahui keberadaannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com