Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

500 Penari akan Sambut Presiden Jokowi di Tana Toraja

Kompas.com - 22/12/2018, 08:24 WIB
Amran Amir,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

TANA TORAJA, KOMPAS.com – Pemerintah daerah dan Warga Tana Toraja, Sulawesi Selatan, akan menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo dalam rangka menghadiri perayaan Natal Oikumene yang akan dipusatkan di Plaza Kolam Makale, pada Minggu (23/12/2018).

Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara mengatakan bahwa Joko Widodo akan disambut dengan berbagai tarian kolosal dengan nuansa budaya khas Tana Toraja.

“Persiapan sudah 90 persen sudah siap termasuk pelibatan seluruh masyarakat, tokoh masyarakat yang ada di kabupaten Tana Toraja. Sebanyak 500 penari tarian kolosal akan menyambut bapak Presiden Joko Widodo yang berasal dari anak-anak pelajar SD, SMP, SMA, Mahasiswa dan warga,” kata Victor, Sabtu (22/12/2018).

Victor menambahkan bahwa kegiatan yang dipusatkan di plaza kolam Makale akan menampung sebanyak 28 ribu warga pengunjung. Joko Widodo setelah mendapat penyambutan tarian kolosal khas etnis Toraja dijadualkan akan menandatangani prasasti patung Yesus Memberkati.

“Setelah memberi sambutan, presiden Joko Widodo akan menandatangani prasasti patung Yesus Memberkati yang ada di Burake, setelah itu langsung berinteraksi dengan seluruh komponen masyarakat yang ada disini, berdialog dengan masyarakat Toraja,” jelasnya.

Atraksi seni dan budaya yang rencananya akan ditampilkan saat menyambut Presiden Jokowi adalah Pa’randing Dodo Pandin, Ondo pua, Ma’nani, Ma’lambuk dan tari Ma’ bugi’

Semuanya menampilkan keragaman budaya dan kearifan lokal toraja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com