Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 2.065 Kotak Suara KPU Badung Rusak Terendam Banjir

Kompas.com - 20/12/2018, 11:04 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar,
Khairina

Tim Redaksi

 

 

DENPASAR, KOMPAS.com - Sebanyak 2.065 kotak suara berbahan kardus yang disiapkan KPU Badung untuk pileg dan pilpres rusak akibat terendam banjir, menyusul hujan deras yang terjadi pada 8 Desember 2018 lalu sekitar pukul 02.00 Wita.

Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta saat dihubungi Kamis (20/12/2018) mengatakan, banjir deras menyebabkan tembok kantor KPU Badung dekat gudang logistik roboh lalu menimbun saluran air yang ada di dekat gudang.

"Aliran air jaraknya hanya 5 meter dari gudang," kata pria yang akrab disapa Kayun ini.

Baca juga: INFOGRAFIK: Kotak Suara Berbahan Kardus pada Pemilu 2019

Hujan berlangsung selama kurang lebih 3 jam. Akibat terhambatnya saluran, menyebabkan air meluber ke gudang dan mengenangi kantor KPU Badung sampai ketinggian 50 sentimeter.

Pada kondisi normal, walaupun hujan deras, ketinggian air hanya mencapai dasar lantai saja. Sehingga, langkah antisipasi yg dilakukan KPU Badung berupa pembuatan palet/alas dengan ketinggian 30 sentimeter untuk penempatan kotak surat suara dan bilik.

"Karena robohnya tembok kantor KPU Badung dan menimbun saluran air ini, sehingga genangan air mencapai ketinggian 50 sentimeter yang mengakibatkan susunan terbawah dari kotak suara yang ditumpuk itu terendam banjir lebih dari 3 jam," tutur Kayun.

Informasi mengenai terendamnya kotak dan bilik suara diketahui pada pagi hari dari petugas kepolisian yang bertugas di kantor KPU Badung.

"Karena kami baru tahu info dari kepolisian usai hujan reda pukul 6.30 pagi melalui grup WA. Jadi yang menginformasikan kebajiran ini adalah teman-teman polisi yang saat itu bertugas di Kantor KPU Badung. Gudang baru dibuka oleh petugas sekretariat pukul 6.30 Wita dan posisi air masih menggenangi gudang KPU Badung," katanya.

Untuk mengantisipasi kekurangan kotak dan bilik surat suara, KPU Badung telah mengajukan surat Permohonan Pengajuan Kekurangan Kotak dan Bilik.

"Sudah diajukan ke KPU RI melalui KPU Bali dan surat sudah diterima langsung oleh Sekretaris KPU Bali tanggal 12 Desember 2018," ujar Kayun. 

Kompas TV KPU Kabupaten Kubu Raya menerima kiriman 9.400 kotak suara yang terbuat dari kardus. Bahan yang digunakan adalah karton dupleks yang diklaim tahan air dan mampu menahan beban hingga 80 kilogram.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com