Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Santri Pamekasan Pendukung Jokowi Gelar Deklarasi, Tim Prabowo Bikin Rumah Perjuangan

Kompas.com - 18/12/2018, 18:32 WIB
Taufiqurrahman,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Barisan Santri dan Rakyat Gerbangsalam (Barista) Pamekasan, menggelar deklarasi dukungan untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden, Ir H Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin di salah kafe di Jalan Kamboja 26, Pamekasan, Selasa (18/12/2018).

Deklarasi dihadiri puluhan santri dan tokoh masyarakat dari 13 kecamatan di Pamekasan.

Sebelum deklarasi, mereka menyatakan ikrar empat poin penting untuk melakukan kerja-kerja politik Pilpres.

Pertama, menjunjung tinggi nilai-nilai akhlaqul karimah dalam kerja dan berpolitik. Kedua, menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dan demokrasi menuju keutuhan NKRI.

Ketiga, senantiasa menjaga situasi dan kondisi tetap damai dan kondusif, serta menolak segala bentuk berita hoaks dan isu SARA yang dapat menimbulkan kebencian dan permusuhan antar golongan.

Baca juga: Relawan yang Dipimpin Putra Gus Sholah Siap Menangkan Jokowi-Maruf Amin

Keempat, mendukung sepenuh hati pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Ir H Joko Widodo dan Prof Dr KH Ma'ruf Amin, serta bertekad menjadi relawan untuk memenangkan pada Pilpres 2019.

Pembacaan ikrar dipimpin langsung oleh KH Jakfar Fauzi, anggota mejelis keluarga Pondok Pesantren Batuampar Pamekasan.

Dalam orasinya, Jakfar Fauzi mengatakan, saat ini banyak isu berbau SARA yang disebarkan orang lain. Misalnya tentang PKI. Sasarannya langsung kepada Jokowi. Padahal, tidak ada fakta yang menjelaskan bahwa mantan gubernur DKI Jakarta tersebut ada kaitannya dengan PKI.

"Isu PKI terus dihembuskan oleh rival politik Jokowi-Ma'ruf Amin. Saya membaca motif di belakangnya untuk menciptakan kekacauan," terang Jakfar Fauzi.

Oleh sebab itu, imbuh Jakfar Fauzi, relawan pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin harus berjuang keras menolak isu SARA yang menimbulkan kebencian dan permusuhan.

Isu itu sengaja dieembuskan demi kepentingan politik pihak tertentu dengan membuat propaganda dan kegaduhan.

Sementara itu, tim pemenangan pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi Kabupaten Pamekasan, Taufik menjelaskan, saat ini tim belum bergerak untuk menggalang dukungan kepada masyarakat umum. Satu-satunya langkah yang sudah dibentuk, yakni rumah perjuangan untuk kemenangan Prabowo-Sandi.

"Rumah pemenangan sudah kita buat. Kami akan merencanakan untuk segera roadshow ke masyarakat umum, ke pesantren dan kalangan emak-emak di Pamekasan," ujar Taufik saat dihubungi melalui ponselnya.

Baca juga: Sandiaga: Sri Mulyani Butuh Pemimpin yang Tegas seperti Prabowo

Selain itu, partai pengusung Prabowo-Sandi juga akan segera konsolidasi. Rencananya setelah acara konsolidasi internal Partai Gerindra di Jakarta selesai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com