Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal MV Aventador Terbakar, 5 Kru Terjun ke Laut

Kompas.com - 15/12/2018, 18:22 WIB
Hadi Maulana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Kapal MV Aventador di Perairan Batuampar, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), terbakar, Sabtu (15/12/2018).

Lima kru kapal terjun ke laut untuk menyelamatkan diri. Para kru kapal itu antara lain Ari Sahputra (34) sebagai nakhoda dan Didik Juniato (56), kepala kamar mesin (KKM). Lalu Satrio (40), Saripudin (40) sebagai anak buah kapal (ABK) serta Yusdiansya (47) yang merupakan oiler kapal.

Kepala Siop dan Siaga BNPP Kelas A Tanjungpinang, Eko Supriyanto yang dikonfirmasi mengatakan, saat ini kelima personel kapal MV Aventador sudah berada di Lanal Batam.

"Tidak ada korban dari insiden ini, dan kelima ABK kapal saat ini sudah mendapatkan pertolongan pertama di Lanal Batam," kata Eko.

Baca juga: Penyebab Kapal Terbakar di Dermaga Pelabuhan Rakyat Selayar

Eko menjelaskan, kebakaran kapal tersebut bermula saat salah satu ABK menghidupkan generator listrik, namun selang beberapa menit terdengar ledakan di dek 2 yang disertai munculnya api.

"Seketika saja api langsung membakar material di sekitar generator hingga membesar dan seluruh ruangan dek terbakar," jelas Eko.

Para kru kapal berusaha memadamkan api dengan menggunakan pemadam (foam). Meski menghabiskan lima tabung pemadam, namun api belum bisa dipadamkan.

"Saat itulah nakhoda menghubungi VTS Batam channel 16 minta bantuan," ungkapnya.

Baca juga: 4 Kapal Terbakar di Pati, Kerugian Capai Rp 22 Miliar

Api yang membakar MV Aventador kemudian dipadamkan oleh Kapal Angkatan Laut (KAL) Mapor II 464.

"Saat itu, KAL Mapor melakukan patroli, dan ketika mendapatkan informasi tersebut, KAL Mapor langsung menuju ke lokasi kejadian melakukan pemadaman dan penyelamatan 5 ABK tersebut," pungkas Eko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com