Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Menteri Jokowi Resmikan Proyek SPAM Semarang Barat

Kompas.com - 12/12/2018, 14:10 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


SEMARANG, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berkolaborasi meresmikan sebuah proyek dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) di Kota Semarang, Rabu (12/12/2018).

Kedua Menteri Kabinet Kerja itu meresmikan dimulainya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Semarang Barat. Proyek KPBU ini direncanakan menelan anggaran Rp 1,2 triliun.

"Proyek ini akan menggunakan air dari Bendungan Jatibarang untuk menyelesaikan masalah kurangnya penyediaan air baku Kota Semarang," ujar Sri Mulyani.

Baca juga: Kasus Suap Hakim, KPK Panggil Ketua PN Semarang dan Anggota DPRD Jepara

SPAM Semarang Barat akan menambah suplai air bersih di ibu kota Jawa Tengah itu. Selama ini, suplai air bersih hanya bersumber dari PAM Kudu, dan kerap kali mengalami kekurangan.

Sri Mulyani mengatakan, pembangunan SPAM Semarang Barat diklaim mampu menuntaskan permasalahan krisis air bersih dan penurunan permukaan tanah di Kota Semarang. 

SPAM Semarang Barat juga akan mampu memenuhi kebutuhan untuk 31 kelurahan di 3 kecamatan di Semarang. Suplai air minum bahkan sampai 60.000 keluarga.

"60.000 keluarga yang belum tersambung dengan jaringan SPAM ada di wilayah Semarang Barat, Tugu, dan Ngaliyan," tambah dia.

Terkait dengan pendanaan proyek dengan skema KPBU, Sri Mulyani memuji inisiatif swasta yang mau terlibat di dalam pembangunan proyek infrastruktur air minum, terutama untuk kebutuhan masyarakat banyak.

"Di tengah keterbatasan anggaran Negara, maka untuk mewujudkannya, diperlukan sinergi positif antara pemerintah dengan badan usaha, dan skema KPBU merupakan solusi yang strategis," tambah dia.

Baca juga: Kota Semarang Terus Menggalakkan Program Urban Farming

Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) Armand Hermawan menambahkan, proyek SPAM Semarang Barat merupakan proyek ketiga pada sektor air minum setelah SPAM Umbulan Jawa Timur dan SPAM Bandar Lampung.

“Diresmikannya proyek SPAM Semarang Barat merupakan bukti bahwa skema KPBU menarik minat swasta dalam pembangunan proyek infrastruktur, di mana PII turut serta dalam memberikan penjaminan dalam proyek tersebut," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com