Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Insiden Bianglala di Sekaten, Pemkot Yogyakarta Minta Pengelola Beri Jaminan Keamanan

Kompas.com - 12/11/2018, 14:31 WIB
Wijaya Kusuma,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta langsung menindaklanjuti insiden Wahana Bianglala di Pasar Malam Sekaten dengan meminta para pengelola melakukan pengecekan menyeluruh.

Selain, itu Pemkot juga meminta pengelola memberikan laporan terkait jaminan keselamatan dan keamanan wahana.

"Kita langsung tindaklanjuti dengan meminta pengelola wahana melakukan pengecekan. Panitia juga melakukan pengecekan semua wahana," ujar Wakil Walikota Yogyakarta , Heroe Poerwadi, saat dihubungi, Senin (12/11/2018)

Heroe menjelaskan wahana Bianglala yang mengalami insiden pada Minggu (11/11/2018) saat ini diminta untuk tidak beroperasi dahulu sampai bisa memberikan jaminan keamanan.

Baca juga: Tak Ada Korban di Insiden Bianglala Sekaten Yogyakarta, Polisi Sulit Lakukan Pemeriksaan

"Kita minta tidak beroperasi dulu. Selama tidak ada jaminan itu, kami minta tidak dioperasionalkan," ungkapnya.

Tak hanya Bianglala yang mengalami insiden, Pemkot Kota Yogyakarta juga meminta seluruh pengelola wahana di pasar malam Sekaten untuk mengecek dan melaporkan kondisi wahananya termasuk jaminan keamanan.

"Tugas mereka memberikan keyakinan kita semua pemerintah dan masyarakat bahwa semua wahana aman. Kita minta mereka melaporkan hasil pengecekan itu," katanya.

Hasil laporan dari pengelola tersebut, lanjutnya akan dinilai telah menjamin keamanan bagi masyarakat atau belum.

Baca juga: Bianglala Tiba-tiba Berhenti hingga Kabin Terbalik, Diduga gara-gara Baut

"Kita akan nilai apakah jaminan keselamatan itu , memungkinkan kita untuk memberikan mereka kesempatan beroprasi atau tidak," pungkasnya.

Menurutnya sampai saat ini pihaknya belum mengetahui penyebab wahana Bianglala di Pasa Malam Sekaten mengalami insiden. Namun pihaknya telah meminta untuk dilakukan pendalaman terkait penyebabnya

"Sampai sekarang belum dapat informasi, tetapi semalam saya minta menyelidiki pokok permasalahanya apa. Ya harapan kami, semoga kejadian serupa tidak terjadi lagi," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya Sebuah video peristiwa Bianglala mengalami trouble viral di media sosial. Di Video tersebut memperlihatkan beberapa saat tengah berputar, Bianglala tiba-tiba berhenti dan beberapa kabin berisi penumpang terbalik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com