Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Korban di Insiden Bianglala Sekaten Yogyakarta, Polisi Sulit Lakukan Pemeriksaan

Kompas.com - 12/11/2018, 13:24 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Polresta Yogyakarta mengaku kesulitan untuk menemukan unsur pidana dan melakukan pemeriksaan kepada panitia atau pemiliki wahana.

Pasalnya, dalam insiden wahana permainan bianglala di Sekaten, Alun-alun Utara, Yogyakarta, Minggu (11/11/2018), tidak ada korban jiwa. 

Hal itu dikatakan oleh Kasatreskrim Polresta Yogyakarta, Kompol Sutikno. "Kecuali memang ada korban akan diperiksa," kata dia, Senin (12/11/2018). 

Namun demikian, Kompol Sutikno tetap akan mengumpulkan sejumlah pihak untuk mengetahui penyebab kecelakaan tersebut.

Baca Juga: Bianglala Tiba-tiba Berhenti hingga Kabin Terbalik, Diduga gara-gara Baut

"Lagi mau diperiksa. Coba tanya ke kasat Intel. Ini bukan masalah pidana. Ijin keramaian ada di kasat Intel, mau dikumpulkan terlebih dahuku. Untuk membahas terkait rekomendasi standar keselamatan," lanjutnya.

Sementara itu, polisi menduga penyebab kecelakaan tersebut karena masalah teknis. "Sementara dugaannya itu (masalah teknis pada baut), kami akan dalami lagi," kata Sutikno.

Garis polisi dibongkar

Pasca-insiden wahana permainan bianglala di Sekaten, Alun-alun Utara, Yogyakarta, Minggu (11/11/2018), seluruh kabin di wahana tersebut telah dibongkar. Sedangkan, wahana Bianglalanya masih tegak berdiri tanpa kabin. 

Tak hanya itu, garis polisi yang malam sebelumnya masih terpasang juga sudah dilepas. 

Dikutip dari Tribunnews, Senin (12/11/2018), warga sekitar lokasi insiden mengaku tidak tahu kapan kabin-kabin di Bianglala dibongkar dan garis polisi dilepas.

Baca Juga: Kesaksian Pengunjung Lihat Kabin Bianglala Berisi Satu Keluarga Terbalik di Pasar Malam Sekaten

"Tadi malam sempat ada garis polisi. Tapi sekarang sudah tidak ada. Tidak tahu, kapan dilepas," tutur seorang warga ditemui di lokasi kejadian, Senin (12/11/2018).

Seperti diketahui, empat kabin sebuah wahana bianglala terbalik di Sekaten, Alun-alun Utara kota Yogyakarta, pada Minggu (11/11/2018) malam. Insiden tersebut sempat terekam oleh warga dan menjadi viral di media sosial.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kabin Wahana Bianglala di Sekaten Yogyakarta yang Terbalik Kini Sudah Dilepas, pada Senin (12/11/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com